Kelurahan Sekardangan Raih Siskamling Terbaik, Begini Wujudnya

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Arry Saputra

Pos Kamling di RT 23 Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo.

jatimnow.com - Selain menjadi siskamling terbaik di Sidoarjo, RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo juga menjadi role model dalam pengelolaan sampah, yang dikenal dengan nama Kampung Edukasi Sampah.

Kampung edukasi sampah ini hampir setiap minggu dikunjungi dari berbagai kelompok masyarakat yang berasal dari beberapa kota lain selain Sidoarjo. Banyak sekolah unggulan dan adiwiyata melakukan proses belajar mengajar dan outing di tempat ini.

Ketua RT 23 Kelurahan Sekardangan Edi Priyanto mengaku, sangat beruntung karena sering mendapatkan bimbingan dan pendampingan dari jajaran Forpimka dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo.

Dengan bantuan itu ia bersama para warga membuat inovasi baru dengan mencoba menerapkan aplikasi sederhana bernama SIKARA (Sistem Keamanan Warga).

"Sistem ini dapat digunakan untuk memberitahukan kepada seluruh warga dalam bentuk suara alarm pada HP warga lainnya, saat salah satu warga mendapati keluarga sakit mendadak, warga meninggal dunia, ada perampokan, penculikan, pencurian, dll. Dengan demikian akan semakin cepat dan mudah untuk segera terinfo dan tertangani oleh warga," terang Edi kepada jatimnow.com Rabu (11/7/2018).

Pada akhir paparan didepan peserta kegiatan HUT Bhayangkara, Edi mengatakan mengingat kampungnya saat saat ini telah dijadikan sebagai Kampung Edukasi Sampah.

Pihaknya mengusulkan pada Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Bayu Himawan Aji untuk menjadikan RT 23 sebagai role model dalam penerapan Siskamling, dengan harapan warganya bisa ikut menularkan pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan program Siskamling.

Kampung yang telah dinobatkan sebagai kampung terinovatif di Sidoarjo oleh Bupati Sidoarjo pada saat penganugerahan program Sidoarjo Bersih dan Hijau 2017-2018 lalu, dalam pemantauan terhadap aktifitas warganya juga telah memasang kamera CCTV yang dapat diakses oleh seluruh warga melalui Ponselnya.

"Sehingga ini akan menjadi fasilitas dan sarana publik warga untuk bisa melakukan pengawasan melekat, saling mengawasi satu dengan yang lainnya. Selain kamera pantau CCTV, guna memudahkan memberikan informasi langsung yang sifatnya spontan dan kegiatan warga, setiap sudut kampung juga telah terpasang speaker," pungkas Edi.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter