Pixel Code jatimnow.com

Sepatu dan Bunga, Potret Kesederhanaan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa duduk melantai atau lesehan dengan kepala dinas dan wartawan di Gedung Negara Grahadi (Foto: Trisnadi for jatimnow.com)
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa duduk melantai atau lesehan dengan kepala dinas dan wartawan di Gedung Negara Grahadi (Foto: Trisnadi for jatimnow.com)

Surabaya - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memiliki kebiasaan sederhana soal sepatu dan bunga.

Meski menjadi orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), Gubernur Khofifah memiliki kebiasaan yang sangat sederhana. Dan jarang ada pemimpin atau kepala daerah setingkat provinsi yang hidup penuh dengan kesederhanaan.

Sebagai gubernur, Khofifah memiliki ajudan, pengawal pribadi (walpri) hingga staf. Namun, ibu empat anak itu tak canggung melepas sepatu dan menentengnya saat memasuki rumah dinas.

Ajudan maupun pengawal pribadi yang melihatnya itu, langsung bergerak cepat dengan maksud hendak membawa sepatu Khofifah. Namun dengan ramah, gubernur perempuan pertama di Jatim itu menolak dengan halus dan memilih menenteng sepatunya sendiri.

"Salah satu kebiasaan Ibu Gubernur Khofifah. Setiap selesai bekerja dan aktivitas seharian, sampai ke rumah dinas langsung melepas sepatu dan membawanya sendiri. Beliau tidak mau dibawakan walpri atau siapapun," ujar Trisnadi, fotografer Gubernur Jatim kepada jatimnow.com, Jumat (10/6/2022).

Tangkapan layar video candid Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menenteng sepatu di rumah dinasTangkapan layar video candid Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menenteng sepatu di rumah dinas

Trisnadi menceritakan, dirinya sengaja mengambil video kebiasaan dan kesederhanaan Gubernur Khofifah itu secara sembunyi-sembunyi atau candid. Tampak dalam video itu, Khofifah masuk ke rumah dinas dan tanpa canggung menenteng sepatunya.

"Itu tadi malam di rumah dinas. Jadi turun mobil melepas sepatu terus berjalan masuk rumah. Memang dalam video, wajahnya (Khofifah) nggak tampak karena pengambilan video candid kan. Memang ibu seperti itu, nggak mau dilayani kalau soal-soal itu," tuturnya.

Kebiasaan dan kesederhanaan menenteng sepatu tak hanya saat menjabat sebagai Gubernur Jatim. Trisnadi melihat kesederhanaan itu sejak ia menjadi fotografer Khofifah di era menjabat sebagai Menteri Sosial.

Baca juga:
Seluruh Jatim Masuk PPKM Level 1, Khofifah Apresiasi SDM Lingkungan Kesehatan

"Sejak menjadi Menteri Sosial, ibu sudah terbiasa dan tak canggung menenteng sepatunya," terangnya.

Trisnadi mengagumi kebiasaan kecil Gubernur Khofifah tersebut. Tak hanya urusan sepatu. Saat pulang ke rumah, Khofifah juga selalu menyempatkan melihat bunga yang ditanam di area rumah dinas.

Dengan sifat keibuan yang sederhana, Khofifah memuji bunga-bunga yang tumbuh mekar.

"MasyaAllah kembang-kembangku," tutur Khofifah dalam video candid tersebut.

Trisnadi juga memotret kesederhanaan Gubernur Khofifah. Seperti foto Gubernur yang duduk melantai atau lesehan di anak tangga Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Baca juga:
Gubernur Khofifah Optimistis Pariwisata Jatim Meningkat di Kancah Internasional

"Ibu (Khofifah) itu nggak canggung duduk lesehan di teras atau badukan teras. Seadanya pokoknya, nggak ada settingan," jelasnya.

Loading...

Trisnadi berharap, dedikasi yang dilakukan Khofifah bisa membawa banyak perubahan bagi rakyat Jatim. Dia juga mendoakan Khofifah senantiasa diberi kesehatan agar bisa terus melayani rakyat.

"Semoga setiap lelahnya beliau dalam bekerja membawa berkah bagi seluruh warga Jatim yang dipimpin," harapnya.

 

Loading...