Pixel Code jatimnow.com

Sosialisasi Semarak Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di Madiun

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
BI menggelar sosialisasi Semarak Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di Madiun (Foto-foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
BI menggelar sosialisasi Semarak Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di Madiun (Foto-foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Madiun - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri menggelar acara "Semarak Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah", Kamis (16/6/2022). Acara ini menggandeng media dan influencer di Madiun Raya.

"Ini upaya kami untuk mensosialisasikan dan mengedukasi gerakan CBP Rupiah kepada berbagai lapisan masyarakat. Makanya kami perlu Influencers juga," ujar Kepala BI Kediri, Choirul Rofiq.

Menurutnya, rupiah alat pemersatu bangsa dan ini sangat dibutuhkan saat ini. Sehingga dengan cinta bangga dan paham rupiah, masyarakat akan paham bahwa dengan memiliki rupiah bisa bijak berbelanja.

"Ini tujuan Pemerintah Indonesia mengendalikan inflansi. Salah satu tugas kami ya itu (mengendalikan inflansi)," terang Rofiq.

Berkaitan dengan itu, Bank Indonesia bertugas mengedarkan uang rupiah ke seluruh pelosok negeri. Agar kebutuhan masyarakat atas uang rupiah untuk kegiatan jual-beli dapat terpenuhi.

BI menggelar sosialisasi Semarak Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di MadiunBI menggelar sosialisasi Semarak Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di Madiun

Baca juga:
Dapat DBHCHT, Satpol PP Bangkalan Siap Geber Sosialisasi Pencegahan Rokok Ilegal

"Diatur dalam undang-undang satu-satunya alat pembayaran yang sah di NKRI," terangnya.

Lebih dari itu, di uang rupiah terdapat gambar pahlawan, pemandangan alam dan budaya Indonesia. Apalagi, untuk mencetak uang, biayanya tidak sedikit. Maka, masyarakat perlu untuk Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah.

Sebelumnya BI secara luas telah mensosialisasikan ciri-ciri keaslian uang rupiah melalui cara Dilihat, Diraba, Diterawang (3D). Dalam hal ini, BI memperluas lagi edukasinya ke berbagai lapisan masyarakat untuk CBP Rupiah, yakni 3 Cinta (mengenal, merawat, dan menjaga rupiah), 3 Bangga (simbol
kedaulatan, pembayaran yang sah, dan pemersatu bangsa) dan 3 Paham (bertransaksi, berbelanja dan berhemat).

Baca juga:
UU TPKS Disahkah, PDIP Surabaya Siap Sosialisasikan Pada Kader dan Kaum Milenial

Termasuk embayaran nontunai atau digital, salah satunya dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Loading...

Dalam kehidupan sehari-hari, sederhananya Cinta Rupiah dapat dilakukan dengan 5 cara, yaitu Jangan Dilipat, Jangan Diremas, Jangan Dicoret, Jangan Diibasahi, Jangan Disteples. Karena pada uang rupiah terdapat gambar pahlawan, pemandangan dan kebudayaan Indonesia yang harus dijaga dan dihormati.

"Selain itu, kita juga harus kenali ciri-ciri keaslian uang rupiah, agar terhindar dari kejahatan uang palsu. Bangga rupiah, bahwa rupiah sebagai simbol kedaulatan, pembayaran yang sah dan simbol pemersatu bangsa. Itu bisa kita tunjukkan dengan tidak bertransaksi menggunakan mata uang asing," pungkasnya.

Loading...