Rumah Dukun di Banyuwangi Terbakar, Warga Gotong Royong Padamkan Api


Kapolsek Kabat AKP Supriyadi dan aparat TNI dibantu warga membenahi rumah Rusmini yang terbakar.

jatimnow.com - Salah satu bagian rumah milik dukun pijat di Dusun Krajan RT 02 RW 04 Desa Kedayunan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi sempat terbakar, Kamis (12/7/2018).

Meskipun akhirnya, api yang menjalar bagian belakang rumah dukun pijat, Rusmini (73), berhasil dipadamkan dengan cara gotong-royong oleh masyarakat serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas daerah itu.

Kapolsek Kabat, AKP Supriyadi menceritakan, sewaktu pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat sekitar pukul 09.00 WIB, dirinya memimpin untuk meninjau lokasi.

Pasalnya, di sekitar rumah dukun pijat itu berada di permukiman yang tergolong padat penduduk.

Setibanya di lokasi kejadian, bersama para warga, tetangga Rusmini, TNI dan Polri bekerja sama menggunakan alat seadanya berjibaku memadamkan api.

Berawal dari gotong royong dan kekompakan itu, satu setengah jam kemudian kobaran api tidak sampai menghanguskan seluruh bagian rumah Rusmini. Api hanya menjalar bagian dapur.

"Pemiliknya tidak tahu awalnya, pergi memijat ke salah satu pelanggannya," kata Kapolsek.

Dari keterangan Rusmini, terang Kapolsek, pagi harinya setelah memasak di luweng (tungku bahan bakar kayu) korban mengira tungku telah benar-benar padam.

Beberapa saat setelah itu, korban dikabari bahwa dapurnya yang diketahui terbuat dari bambu dan asbes tidak sampai terbakar habis.

Setiba di rumahnya, dirinya sedikit bernafas lega setelah mengetahui kobaran api tersebut berhasil dipadamkan secara manual bersama-sama.

"Namun demikian kerugian yang diderita korban diperkirakan mencapai Rp 10 juta," katanya.

Melihat kondisi tersebut, dirinya memerintahkan kepada anggota Bhabinkamtibmas Desa Kedayunan untuk membantu Rusmini.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter