Imigrasi Tangguhkan 79 Pemohon Paspor dari Blitar

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Salah satu pemohon paspor di Imigrasi Blitar.

jatimnow.com - Selama Juni 2018 lalu, 79 pemohon penerbitan paspor di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Blitar ditangguhkan. Jumlah Paspor yang ditunda penerbitannya itu kebanyakan untuk keperluan kerja ke luar negeri.

Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Blitar Muhammad Akram mengatakan, 79 pemohon yang ditangguhkan merupakan warga yang ingin menjadi TKI non prosedural. Mereka berasal dari tiga wilayah pelayanan meliputi Kota dan Kabupaten Blitar serta Kabupaten Tulungagung.

"Dari hasil rekap di seksi Lalu lintas dan status Keimigrasian, selama Juni ada 79 paspor yang ditangguhkan. Ini diduga TKI non-prosedural," kata Akram, Kamis (12/07/2018).

Selain dugaan untuk menjadi TKI non-prosedural, beberapa pemohon memberikan keterangan yang membuat petugas meragukan pengajuan paspor. Hal itu didapat saat petugas melakukan wawancara pada pemohon.

Selama Juni, Kantor Imigrasi Kelas II Blitar telah menerbitkan 1.317 paspor. Warga yang mengajukan paspor kebanyakan untuk kepentingan ibadah Haji dan menjadi TKI.

Selain paspor, Kanim Kelas II Blitar juga mengawasi keberadaan orang asing di wilayah pelayanannya. Tercatat ada 252 WNA yang sekarang sedang diawasi.

"Jumlah itu meliputi 16 orang di Kota Blitar, 43 orang di Kabupaten Blitar. Kalau yang di Kabupaten Tulungagung ada 193. Jadi totalnya 252 orang asing," tandasnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter