Pixel Code jatimnow.com

Sugiri Sancoko Menari Bujang Ganong Bareng 600 Siswa SD di Ponorogo

Editor : Redaksi Reporter : Advertorial
Bupati Sugiri Sancoko menari massal bersama 600 siswa SD dari 21 kecamatan di Ponorogo. (Foto-foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
Bupati Sugiri Sancoko menari massal bersama 600 siswa SD dari 21 kecamatan di Ponorogo. (Foto-foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Ponorogo - Sebanyak 600 siswa SD di Ponorogo menari Bujang Ganong secara massal di Jalan HOS Cokroaminoto, Minggu (19/6/2022). Mereka terdiri dari siswa gabungan dari 21 kecamatan di Ponorogo.

Para siswa tampak antusias menari dengan diiringi alunan musik tradisional. Penampilannya semakin lengkap karena memakai atribut topeng ganongan, celana hitam dan kaos khas Ponorogo.

Menariknya lagi, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdayarita juga turut serta di antara para siswa.

Kang Giri, sapaan akrab Sugiri Sancoko terlihat luwes saat menari. Kelincahan pimpinan Bumi Reog tersebut membuat siswa semakin bersemangat dan tersenyum bahagia.

"Ini nanti waktu Grebeg Suro bisa digelar. Ada perpaduan antara tarian Ponorogo yang menarik serta penari sufi yang unik," kata Kang Giri.

Sugiri Sancoko dan Lisdyarita saat menari Bujang Ganong bersama 600 siswa.Sugiri Sancoko dan Lisdyarita saat menari Bujang Ganong bersama 600 siswa.

Baca juga:
19.271 Anak di Ponorogo Menari Krido Warok Pecahkan Rekor Muri

Tampilnya kesenian daerah tersebut, lanjut Kang Giri, menunjukkan Ponorogo sebagai kota budaya dan santri. Sehingga harus disinergikan dalam bentuk tarian yang bisa merangkul masyarakat.

"Anak-anak dikolaborasikan menari khas Ponorogo, karena ingin menanamkan seni budaya sejak dini. Untuk regenerasi budayawan seni Reog di Ponorogo," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, penggiat seni di Ponorogo, Sudirman mengatakan tari Bujang Ganong adalah salah satu seni tari di dalam pagelaran Reog Ponorogo. Meski tidak berlatih untuk pentas, para peserta dipastikan bisa menari Bujang Ganong terutama anak-anak. Sekaligus untuk menunjukkan bahwa Ponorogo juga dikenal sebagai kota penari.

Baca juga:
646 Jabatan Perangkat Desa di Ponorogo Kosong, 61 Terisi Tahun Ini

"2019 lalu pernah ada tari massal. Yakni tari Jathil massal. Juga ada tari Krido Warok Cilik, pun sekarang tari Bujang Ganong," tambahnya.

Loading...

"Sosok Bujang Ganong merupakan pejabat kerajaan yang rendah hati, tidak membedakan status sosial. Apalagi saat tampil, Bujang Ganong biasanya kocak dan memiliki keahlian bela diri," pungkasnya. (ADV)

Aksi menari Bujang Ganong di Jalan HOS Cokroaminoto, Minggu (19/6/2022).yang diikuti ratusan siswa SD.Aksi menari Bujang Ganong di Jalan HOS Cokroaminoto, Minggu (19/6/2022).yang diikuti ratusan siswa SD.

Loading...