Pixel Codejatimnow.com

1 Hektar Lahan Perhutani di Ponorogo Tiba-tiba Longsor

 Reporter : Erwin Yohanes Mita Kusuma
Petugas menunjukkan tanah yang longsor.
Petugas menunjukkan tanah yang longsor.

jatimnow.com - Tidak ada angin tidak ada hujan, lahan perhutani di petak 134 A, Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo tiba-tiba saja longsor, Kamis (12/7/2018). Longsoran tanah itu tepatnya di Jalur Pengauran dari sumber air terjun Conan Lawe menuju perkebunan sayur.

Walaupun jauh dari pemukiman, warga di dekat lokasi sempat mendengar suara gemuruh cukup kencang. Longsor kali ini seluas 1 hektar dan panjang longsor 200 meter.

"Kami barusan dari lokasi. Setelah masyarakat melaporkan ada kejadian longsor. Kami cek lokasi. Yang longsor lahan perhutani," kata Danramil 0802/21 Pudak Kapten Kav A. Kohar kepada jatimnow.com, Kamis (12/7/2018).

Beruntung, lanjut ia, tidak ada korban jiwa dalam longsor kali ini. Hanya satu motor milik pencari rumput tertimbun. "Juga 200 pohon milik perhutani rusak," terangnya.

Sementara, Kapolsek Pudak, AKP Nanang Budiarto, mengatakan, keterangan saksi bernama Warni yang mencari rumput disekitar lokasi menyatakan, ia sempat merasakan ada getaran yang disusul suara gemuruh.

Baca juga:
Usai Evakuasi 1 Korban Longsor Pronojiwo Lumajang, Pencarian Dilanjut Besok

"Setelah didekati sumber suara, ternyata banyak pohon tumbang. Kemudian terjadi ambrolnya tanah. Saksi tersebut langsung lari," katanya.

Saksi lain bernama Sarni mengalami hal yang sama. Saat mau menata rumput di motornya mendengar suara gemuruh dan pohon tumbang di dekatnya.

Baca juga:
Longsor Pronojiwo Lumajang Telan Korban, Pj Bupati: Perlu Tata Kelola Tambang

"Spontan kabur begitu saja meninggalkan sepeda motornya. Aksi spontan ya menyelamatkan nyawanya sendiri. Namun sepeda motornya tertimbun," pungkasnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Erwin Yohanes