Pixel Code jatimnow.com

Megawati Sudah Kantongi Nama-nama Bakal Capres di Pilpres 2024

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.(Foto: istimewa via Republika)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.(Foto: istimewa via Republika)

jatimnow.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapan, sejumlah nama-nama bakal capres yang akan diusung di Pilpres 2024 sudah ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Megawati terus mempertimbangkan capres pilihan PDIP.

"Nama-nama itu ada di Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau terus mempertimbangkan," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Senin (20/6).

Namun, Hasto menegaskan PDIP belum akan umumkan nama bakal capres yang akan diusung dalam waktu dekat. Skala prioritas PDIP saat ini adalah bekerja ke bawah membantu rakyat menyukseskan pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kerja sama dalam pengertian mengusung calon presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada momentum yang tepat," ungkapnya.

PDIP akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) II pada 21-23 Juni 2022. Rakernas merupakan agenda strategis dalam rangka memenangkan Pemilu 2024.

"Yang lebih dipersiapkan (dalam rakernas) adalah agenda strategis dalam rangka memenangkan Pemilu 2024. Tetapi juga sekaligus bagaimana PDI perjuangan dalam upaya pemilu tersebut mampu menjawab berbagai persoalan rakyat dan mengedepankan sinergi tiga pilar yang turun ke bawah," ujarnya.

Baca juga:
Hasto Sidang Doktor, PDIP Surabaya: Inspirasi Belajar Sepanjang Hayat

Hasto mengatakan, tema yang diangkat dalam rakernas adalah 'Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat'. Selain soal penguatan desa, hal strategis lainnya yang juga akan dibahas yaitu konsepsi dasar, visi misi yang akan dibawa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan datang.

"Sehingga ketika Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat mengambil keputusan terkait dengan capres dan cawapres dari PDI perjuangan, maka seluruh konsolidasi partai pergerakan akar rumput partai dan juga konsepsi tentang tata pemerintahan ke depan itu sudah diselesaikan oleh PDI Perjuangan," ujarnya.

Dalam rakernas, ia juga memastikan PDIP belum akan membicarakan soal koalisi. PDIP ingin fokus dulu membantu pemerintah mencetak legasi sebaik-baiknya bagi masa depan.

Baca juga:
Nostalgia Makan Tahu Campur Kalasan Bareng Adi Sutarwijono, Djarot: Rasanya Top

"Sehingga transisi kepemimpinan pada 2024 akan dilaksanakan dalam situasi yang diwarnai keberhasilan. Sehingga pemerintah yang akan datang akan mencapai landasan kemajuan yang jauh lebih hebat kembali. Inilah yang dilakukan oleh PDI Perjuangan," tuturnya.

Loading...

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...