Pixel Code jatimnow.com

Gelar Inu Kirana, Mas Dhito Ingin Putra Daerah Paham Budaya Kabupaten Kediri

Editor : Arina Pramudita Reporter : Yanuar Dedy
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri kembali menggelar ajang pemilihan Inu Kirana setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19. Di ajang pemilihan duta wisata ini, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berharap peserta benar-benar mengerti identitas budaya dan seni Kabupaten Kediri.

Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri mengatakan, wawasan mengenai budaya dan seni Kabupaten Kediri wajib dimiliki oleh putra dan putri daerah yang bakal mengemban amanah mempromosikan potensi wisata Kabupaten Kediri.

“Paham identitas kekayaan budaya adalah sebuah keharusan bagi calon peserta. Dengan memahaminya, rasa memiliki budaya dan kesenian ini otomatis pasti ikut,” kata Mas Dhito melalui keterangan tertulis, Selasa (21/6/2022).

Mas Dhito yakin ajang ini dapat mendongkrak kembali ekonomi melalui pariwisata. Selain itu, pihaknya berharap pemilihan Inu Kirana mampu melahirkan pemuda yang berkarakter, berbudi luhur, serta memiliki dedikasi yang tinggi untuk kemajuan pariwisata.

“Falsafah orang Jawa dulu mengatakan ngadi saliro–ngadi busono. Jadi tak hanya perbaiki busana luarnya saja namun juga inner beauty atau kepribadian yang baik dengan identitas daerahnya yang dijunjung tinggi,” tambah Mas Dhito.

Baca juga:
Gelar Satset Award 2022, Mas Dhito Harap Satgas Desa Bantu Penanganan Covid

Untuk diketahui, pendaftaran pemilihan Inu Kirana akan dibuka hingga 30 Juni mendatang. Dari pendaftaran, peserta akan mengikuti serangkaian seleksi seperti kesehatan hingga kemampuan berbahasa Inggris. Mereka juga akan diminta menunjukkan bakat dan talenta mereka di hadapan tim seleksi.

“Nanti akan diambil 10 pasangan yang akan mengikuti Grand Final Pemilihan Inu Kirana ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo.

Baca juga:
Tim E-Sport PUBG Lolos Eksebisi Porprov Jatim 2022, Mas Dhito Puji Mental Atlet

Sebelum menuju grand final, lanjut Wignyo, calon Inu Kirana juga akan menjalani karantina. Saat karantina, mereka diberikan pembekalan serta kegiatan mengenai kepariwisataan, kebudayaan, serta ekonomi kreatif.

Loading...

“Ayo anak-anak muda yang ada di Kabupaten Kediri segera daftar dalam pemilihan duta wisata ini,” ajak Wignyo.

Loading...