Pixel Code jatimnow.com

Pemkot Pasuruan Raih Penghargaan Program Inovasi Digital Merdeka Award 2022

Editor : Arina Pramudita Reporter : Moch Rois
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf saat menerima penghargaan program inovasi digital di ajang Merdeka Award 2022. (Foto: Humas Pemkot Surabaya/jatimnow.com)
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf saat menerima penghargaan program inovasi digital di ajang Merdeka Award 2022. (Foto: Humas Pemkot Surabaya/jatimnow.com)

Pasuruan - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan raih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap penghargaan yang diberikan dapat terus memotivasi Pemkot Pasuruan dalam meningkatkan pelayanan masyarakat terutama peningkatan pelayanan berbasis digital. Sehingga, masyarakat dapat merasakan pelayanan dengan cepat.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penghargaan ini. Memang pandemi mendorong kita untuk bertransformasi, baik kami pemerintah maupun institusi swasta berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan cepat," ujar Gus Ipul saat memberikan sambutan di Gedung Paviliun Smesco, Jakarta sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (24/6/2022).

Gus Ipul menambahkan, setiap inovasi merupakan hasil belajar Pemkot Pasuruan kepada daerah-daerah lain seperti Kota Surabaya maupun Kabupaten Banyuwangi yang terlebih dulu menerapkan layanan digitalisasi.

Baca juga:
Pesan Gus Ipul di Momen Kemerdekaan ke-77 RI

"Ini merupakan hasil belajar kami dari Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi, ataupun kota-kota lain yang lebih dulu menerapkan layanan teknologi. Saya berharap dapat terus melayanan masyarakat dengan cepat, mudah diakses dan memuaskan," harapnya.

Penghargaan ini diberikan terkait kesuksesan Kota Pasuruan dalam menerapkan pelayanan berbasis digital seperti adanya aplikasi SPOT untuk sistem pembelajaran online terpadu, aplikasi e-Sambat sebagai media pengaduan masyarakat Kota Pasuran, aplikasi Sijaja sebagai sistem pelaporan kinerja ASN di lingkungan Pemkot Pasuruan, Madinah Marketplace sebagai sarana masyarakat untuk membeli produk-produk UMKM Kota Pasuruan, dan lain sebagainya.

Baca juga:
Pemkot Pasuruan Beri Hadiah Spesial 3 Bayi yang Lahir Bertepatan HUT RI

"Semoga ke depannya Pemkot Pasuruan terus dapat berinovasi dan terus belajar kepada kota/kabupaten dan instansi lainnya dalam meningkatkan pelayanan publik melalui digitalisasi," pungkasnya.

Dirgahayu Ri 77 Bank Jatim

Sebagai informasi, Merdeka Award merupakan ajang penghargaan dan apresiasi bagi insan yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri. Ada lima kategori pada program Merdeka Award 2022, yakni Program Inovatif untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Inovasi Digital, Program Pemberdayaan UMKM dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.