Pixel Code jatimnow.com

Gaet Suara Nelayan, PKS Gelar Festival Laut di Surabaya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Festival Laut yang digelar PKS di Pantai Kenjeran, Surabaya (Foto-foto: Fajar Mujianto dan Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Festival Laut yang digelar PKS di Pantai Kenjeran, Surabaya (Foto-foto: Fajar Mujianto dan Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

Surabaya - DPP PKS menggelar Festival Laut di Pantai Kenjeran, Surabaya, Minggu (26/6/2022). Acara ini dilakukan untuk menggaet suara nelayan jelang Pemilu 2024.

Selain merayakan Hari Laut Sedunia yang diperingati setiap 8 Juni, acara itu juga sebagai simbol bahwa PKS memiliki keberpihakan dan komitmen memperjuangkan nasib masyarakat pesisir serta para nelayan.

Acara ini dihadiri Ketua Majelis Syura PKS, Dr Habib Salim Segaf Al Jufri dan sejumlah tokoh PKS Jawa Timur hingga Surabaya. Juga tampak hadir Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi serta Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Pantauan di lokasi, Salim bersama petinggi partai mengawali acara dengan memasak ribuan ikan bakar khas Pantai Kenjeran. Selang beberapa saat, mereka menikmati kuliner ikan panggang lengkap dengan sambal cobek.

Salim juga melihat langsung produk UMKM masyarakat pesisir Surabaya itu. Dia memborong semua barang dagangan setiap pelaku usaha di sana.

Dia mengatakan, Festival Laut ini digelar untuk mengingatkan masyarakat bahwa Indonesia adalah negara maritim dan bahari. Sehingga harus terdepan untuk menjaga laut tetap bersih dan sehat.

"Agar nelayan hidup sejahtera dan tidak hidup miskin. Surabaya adalah Kota Pahlawan. Para nelayan di Surabaya harus terdepan untuk berjuang, siap dan bisa memberikan contoh untuk seluruh tanah air," terang dia.

Salim juga meminta agar pemerintah hadir di tengah-tengah para nelayan agar bisa menjawab langsung keluh dan kesah mereka.

Baca juga:
Kedatangan Dr Salim di Sampang Diharapkan Membawa Angin Segar Indonesia

Ketua Majelis Syura PKS, Dr Habib Salim Segaf Al Jufri bersama Wagub Jatim Emil Dardak dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam Festival Laut di Pantai KenjeranKetua Majelis Syura PKS, Dr Habib Salim Segaf Al Jufri bersama Wagub Jatim Emil Dardak dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam Festival Laut di Pantai Kenjeran

"Pemerintah harus hadir di tengah-tengahnya. Kami menginginkan pemerintah agar membuat kelompok nelayan untuk memiliki kapal yang lebih besar. Sehingga jangkauannya lebih luas. Kalau jangkauannya lebih luas, pasti hasil tangkapan juga lebih bagus," paparnya.

"Kami ingin pemerintah menyiapkan lemari pendingin. Karena kalau dapat tangkapan banyak, tidak merusak ikan. Apalagi di musim ini harga ikan banyak yang jatuh," sambungnya.

Salim menyebut, nelayan di negara lain penghasilannya jauh lebih banyak dibanding di Indonesia. Padahal potensi bahari kelautan Indonesia sangat diakui negara-negara lain.

Baca juga:
Demokrat Akui Bangun Komunikasi untuk Berkoalisi dengan PKB-PKS

"Padahal laut kita ini luasnya luar biasa, dua kali luas dari daratan. Bahkan banyak kapal asing juga melewati di lautan kita juga. InsyaAllah perlu kolaborasi dengan seluruh stakeholder, nelayan semakin jaya dan sejahtera," tandasnya.

PKS juga memberikan sejumlah bantuan kepada para nelayan, mulai perlengkapan untuk melaut, tempat untuk menyimpan hasil laut seperti boks hingga freezer.

Festival Laut yang digelar PKS di Pantai Kenjeran, SurabayaFestival Laut yang digelar PKS di Pantai Kenjeran, Surabaya