Pixel Code jatimnow.com

29 Bayi Komodo Menetas di KBS, Koleksinya Bertambah jadi 134 Ekor

Editor : Arina Pramudita Reporter : Ni'am Kurniawan
Bayi Komodo di Kebun Binatang Surabaya (KBS). (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Bayi Komodo di Kebun Binatang Surabaya (KBS). (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

Surabaya - Koleksi komodo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) bertambah dengan menetasnya 29 bayi komodo. Hal itu menambah koleksi komodo di KBS menjadi 134 ekor.

"Jadi untuk penetas telur komodo bulan Februari lalu total ada 29 ekor," kata Kepala Departemen Animal Helth Kebun Binantang Surabaya Drh Nur Ali Faisol, Senin (27/6/2022).

Nur Ali menjelaskan, jumlah penetasan telur tersebut berasal dari 40 telur yang dihasilkan dari dua pasang indukan komodo yang bertelur pada Juli hingga Agustus 2021.

"Dari dua pasang indukan itu menghasilkan 40 telur. Jadi dari 40 telur itu menetas 29 ekor," ungkap Nur Ali.

Baca juga:
Waspada! Uang Palsu Beredar di Sekitar Kebun Binatang Surabaya

Saat ini, bayi komodo itu ditempatkan di kandang khusus perawatan bayi satwa yang ada di kawasan KBS. Di mana kandang wajib terkena sinar matahari langsung dengan tambahan lampu di area dalamnya.

"Jadi lampu itu, ada dua lampu yaitu lampu untuk penghangat dan lampu UV B. Untuk mengontrol sinar UV B-nya," ujar Nur Ali.

Baca juga:
Kematian Gajah Dumbo Koleksi Kebun Binatang Surabaya Diusut Polisi?

Sementara itu, untuk pemberian makanan pada baby komodo ini, akan diberikan makan dua kali dalam seminggu. Dengan menu makan yang disesuaikan.

"Saat ini kita beri makan seminggu dua kali. Hari Minggu kita beri makan daging yang kita cacah ditambah dengan telur. Kemudian hari Rabunya kita tambahkan tikus putih," tandas Nur Ali.