Pixel Code jatimnow.com

Erek-Erek Ijen Longsor, Bupati Ipuk Semangati Tim Bersihkan Material

Editor : Redaksi
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat mengecek penanganan longsor di Erek-Erek Ijen (Foto-foto: Humas Pemkab Banyuwangi)
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat mengecek penanganan longsor di Erek-Erek Ijen (Foto-foto: Humas Pemkab Banyuwangi)

Banyuwangi - Jalur menuju Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen Banyuwangi tertutup reruntuhan longsor. Penanganan longsor terus dilakukan, lantaran pembersihan diprediksi selesai dalam tiga hari.

"Mohon maaf jalur menuju Kawah Ijen masih belum bisa dilalui karena tertutup longsor. InsyaAllah dalam tiga hari ke depan sudah bisa dilewati. Kami upayakan secepatnya bisa selesai," ungkap Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat meninjau lokasi, Selasa (28/6/2022).

Longsor terjadi di jalur menuju Kawah Ijen tepatnya di Erek-Erek, akibat hujan dengan intensitas yang tinggi pada Senin (27/6/2022). Material longsor seperti lumpur dan kayu, menutupi jalur menuju Kawah Ijen sepanjang 30 meter dengan tinggi 4 hingga 6 meter.

Pembersihan dilakukan menggunakan tiga alat berat. Kontur jalan Erek-Erek yang menanjak dan curam, cukup menyulitkan. Relawan BPBD dan Tagana dibantu masyarakat, TNI dan Polri turut bergotong royong.

"Terima kasih atas kerja keras teman-teman relawan, masyarakat, TNI dan Polri. Semoga kondisi cuaca mendukung, sehingga pembersihan bisa cepat selesai," terang Ipuk.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat mengecek penanganan longsor di Erek-Erek IjenBupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat mengecek penanganan longsor di Erek-Erek Ijen

Sementara Plt Kepala Dinas PU dan Bina Marga Banyuwangi, Danang Hartanto menyebut bahwa longsor terjadi dua kali.

Baca juga:
Mobil Wisatawan Asal Bali Terjun ke Jurang Kawasan Wisata Kawah Ijen

"Pertama dengan intensitas kecil pada Senin pagi. Kedua sore sekitar pukul 16.00 WIB dengan intensitas yang besar," jelas Danang.

Menurut Danang, setelah longsor pertama, langsung dilakukan pembersihan dengan alat berat. Namun ternyata terjadi longsor kedua yang cukup besar, sehingga upaya pembersihan dihentikan sementara, lantaran tidak memungkinkan, ditambah cuaca yang tidak mendukung.

"Bahkan satu alat berat kami terjebak di atas karena jalur sudah tertutup material longsor. Pembersihan baru kami lanjutkan hari ini," tambah dia.

Baca juga:
Mas Dhito Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan di Kawasan Rawan Longsor

Danang menambahkan, diprediksi pembersihan akan selesai dalam tiga hari. Setelah pembersihan, akan dilakukan penyiraman, agar kondisi jalan tidak licin.

"InsyaAllah Jumat sudah bisa dilewati kembali," tandasnya.