Pixel Code jatimnow.com

Hore! Pemkot Pasuruan Pasang Wifi Internet Gratis di 68 RW

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Moch Rois
Pemkot Pasuruan melaunching Madinah Command Center (MCC) dan wifi internet gratis untuk warganya. (FotoL Pemkot Pasuruan/jatimnow.com)
Pemkot Pasuruan melaunching Madinah Command Center (MCC) dan wifi internet gratis untuk warganya. (FotoL Pemkot Pasuruan/jatimnow.com)

Pasuruan - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan melaunching Madinah Command Center (MCC) dan wifi internet gratis untuk warganya.

"Jika di awal pemerintahan kami masyarakat hanya merasakan wifi gratis di fasilitas publik seperti taman kota, taman lansia, dan lain sebagainya. Sekarang masyarakat bisa merasakan wifi gratis hingga tingkat RW," jelas Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), di halaman MCC, Rabu (29/6/2022).

Gus Ipul mengatakan, ada 68 titik di tingkat RW pada tahun 2022 ini yang akan difasilitasi internet gratis melalui jaringan wifi. Jika pelaksanaannya berjalan lancar, ia pun berambisi menambah titik layanan hingga setiap RW di Kota Pasuruan mendapat layanan wifi gratis dan kemudian berlanjut di tingkat RT.

Gus Ipul menyebutkan bahwa adanya layanan internet gratis bagi warga Kota Pasuruan ini diharapkan mampu mendongkrak semangat baru bagi masyarakat, baik dalam hal berkarya maupun untuk membantu menunjang ekonomi warga dan daerah kota Pasuruan.

"Seperti yang saya singgung tadi ada 68 RW itu tolong dipantau pemanfaatannya. Oleh karena itu saya undang semua RW agar mampu melakukan sosialisasi kepada warganya untuk memanfaatankan layanan wifi gratis ini agar tidak disalah gunakan, penggunaannya agar maksimal untuk pembelajaran online, untuk kepentingan usaha, untuk keperluan bisnis,dan untuk kepentingan layanan publik agar pemanfaatannya bisa lebih produktif," terangnya.

Selain itu, Gus Ipul menjelaskan bahwa MCC ini memiliki fungsi sebagai pengolah data, supporting data, monitoring, pelayanan publik dan sebagai media promosi.

Baca juga:
Pesan Gus Ipul di Momen Kemerdekaan ke-77 RI

"Nanti Madinah Command Center ini untuk kegiatan zoom yang melibatkan banyak orang, karena kapasitasnya banyak dibandingkan MCC yang ada di Dinas Kominfotik. Tentunya MCC juga ramah untuk para difabel. Semoga dapat memberikan manfaat serta ruang yang lebih luas untuk masyarakat umum dengan cepat dan akurat," pungkasnya.

Launching program internet untuk rakyat juga disambut positif oleh warga di kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul.

Yuni Fitriani, salah satu warga Kelurahan Krampyangan mengaku senang dengan adanya program internet gratis hingga tingkat RT/RW.

Baca juga:
Pemkot Pasuruan Beri Hadiah Spesial 3 Bayi yang Lahir Bertepatan HUT RI

Wanita yang sehari-harinya bekerja di salah satu pabrik di Kabupaten Pasuruan ini mengatakan bahwa adanya internet gratis sangat bermanfaat bagi dirinya yang memiliki usaha online shop

"Alhamdulillah senang sekali dan saya berterima kasih kepada Pak Wali Kota karena dengan adanya internet untuk rakyat ini membantu saya untuk mengembangkan online shop pakaian yang selama ini saya jalankan. Bisa mengurangi pengeluaran untuk biaya kuota internet," ujar Yuni Fitriani.