Pixel Code jatimnow.com

Mbak Cicha Ajak Anak-anak TK di Kediri Makan Olahan Ikan untuk Cegah Stunting

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Mbak Cicha dalam kegiatan "Makan Ikan Cegah Stunting" (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Mbak Cicha dalam kegiatan "Makan Ikan Cegah Stunting" (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

Kediri - Bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2022, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito (Mbak Cicha) mengajak anak-anak TK Dharma Wanita dan Taman Posyandu makan olahan ikan di Balai Desa Sambirejo, Kecamatan Pare, Rabu (29/6/2022).

Melalui kegiatan ini diharapkan anak menyukai olahan ikan untuk pemenuhan kebutuhan gizi sekaligus mencegah stunting. Hal itu senada dengan tema yang diangkat, yaitu "Makan Ikan Cegah Stunting".

"Dalam rangka memperingati Harganas 2022, hari ini acara makan bersama anak Tapos (Taman Posyandu) dan TK, makanan pokoknya olahan ikan yang kaya protein. Ini sangat penting sekali untuk anak dan juga mencegah stunting," jelas Mbak Cicha.

Menurutnya, kegiatan makan olahan ikan itu sekaligus sebagai agenda rutin kampanye Gemarikan yang digelar Tim Penggerak PKK bersama Dinas Perikanan Kabupaten Kediri. Ikan merupakan salah satu komoditi yang mudah ditemui di Bumi Panjalu.

Selain kaya protein, ikan juga kaya asam lemak omega-3 yang dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak. Melalui kegiatan makan bersama olahan ikan itu, Mbak Cicha berharap anak-anak menyukai makanan kaya protein hewani khususnya olahan ikan.

Baca juga:
Buka Ruang Mahasiswa KKN, Mas Dhito Tawarkan Kampung Onggoboyo

"Saya juga berpesan untuk orang tua, kebutuhan anak sewaktu masa pertumbuhan adalah dari makanannya," ungkapnya.

Mbak Cicha menerangkan, makanan yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan itu adalah makanan-makanan bergizi yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin maupun mineral. Dia pun mengajak orang tua terus mengajarkan anak untuk menyukai makanan dari ikan.

"Ini tadi ada 170 paket (makanan olaham ikan) yang kita bagikan. Semoga kegiatan semacam ini bisa lebih sering kita lakukan supaya anak benar-benar menyukai makanan dari olahan ikan," pungkasnya.

Baca juga:
Mas Dhito Kembangkan Nanas PK-1 Mulai Pembenihan hingga Pengembangan Kawasan

 

(ADV)