Pixel Code jatimnow.com

Bantah Tudingan 'Adu Kungfu', Persik Akan Kembalikan Piala Trofeo Ronaldinho

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Yanuar Dedy
Arthur Irawan (kiri) dan Presiden Persik Kediri Gading Marten (kanan) memegang piala Trofeo Ronaldinho. (Foto : Instagram Gading Marten/Jatimnow.com)
Arthur Irawan (kiri) dan Presiden Persik Kediri Gading Marten (kanan) memegang piala Trofeo Ronaldinho. (Foto : Instagram Gading Marten/Jatimnow.com)

Kediri - Laga Trofeo Nusantara dengan Ronaldinho yang diikuti Rans Nusantara FC, Arema FC dan Persik Kediri, menuai polemik. Marah dituding ‘Adu Kungfu’, sang juara Persik Kediri tegas akan mengembalikan piala kepada penyelenggara.

Persik Kediri dalam pernyataan resmi yang diunggah melalui akun Instagram pada Rabu (29/6/2022) malam menyebutkan, pernyataan tentang Persik Kediri yang bermain keras dan menjurus kasar yang dianalogikan sebagai "Adu Kungfu" merupakan opini sepihak. Tanpa melihat statistik serta kejadian yang sebenarnya terlihat di lapangan hijau. Seperti diketahui, pernyataan itu muncul dari Rudy Salim, salah satu pemilik Rans Nusantara FC usai trofeo bertajuk Fun Match tersebut.

Berdasarkan Match Summary yang dikeluarkan wasit yang memimpin Trofeo Nusantara with Ronaldinho, Persik Kediri tidak mendapat kartu kuning ataupun kartu merah. Baik di laga pertama melawan RANS Nusantara serta di laga kedua saat bertemu tuan rumah Arema FC.

Khusus di laga pertama saat Ronaldinho juga bermain, dari total pelanggaran sebanyak 12 kali, Persik Kediri tercatat hanya membuat 4 kali pelanggaran. Sementara 8 pelanggaran lainnya dilakukan RANS Nusantara.

“Sehingga berdasarkan data tersebut, pernyataan bahwa Persik Kediri bermain 'adu Kungfu' telah terbantahkan dengan sendirinya. Tim Macan Putih akan selalu mengedepankan sportifitas dan fair play saat turn bermain di kompetisi apapun. Termasuk juga turnamen pramusim serta pertandingan tidak resmi/persahabatan,” tegas Manajemen Persik Kediri.

Baca juga:
Timnas Juara Piala AFF U-16, Khofifah Bangga dan Apresiasi 5 Pemain Asal Jatim

Sepanjang pertandingan saat Ronaldinho bermain, para punggawa Persik Kediri juga memberikan penghormatan dan kesempatan bagi maestro sepakbola Brazil tersebut untuk menunjukkan skilnya tanpa mendapatkan tekanan sedikitpun. Namun statistik juga menunjukkan bahwa suplai umpan kepada Ronaldinho juga sangat minim.

“Ada 2 momen Ronaldinho berada dalam posisi yang bebas namun tidak diberikan umpan. Untuk itu, dengan tegas dan sadar kami kembalikan Piala Trofeo Nusantara with Ronaldinho kepada pihak penyelenggara untuk digunakan dengan sebaik-baiknya,” beber Persik Kediri.

Baca juga:
Ofisial-Pemain Persik Kediri Kejar Wasit Usai Dikalahkan Borneo FC di Kandang

Untuk diketahui, di ajang itu Persik Kediri keluar sebagai juara setelah mengalahkan RANS Nusantara FC dan Arema FC lewat adu penalti. Atas dua kemenangan, Persik Kediri keluar sebagai juara.

Tak hanya ramai karena pernyataan Rudy Salim, polemik juga ramai diperbincangkan di media sosial. Akun instagram Persik Kediri diserbu warganet yang menganggap Persik terlalu serius dalam ajang Fun Match dan terkesan ngebet jadi juara. Saat ini, seluruh unggahan Persik Kediri tentang Trofeo Ronaldinho telah dihapus dari akun mereka.