Pixel Code jatimnow.com

Lepas Kontingen Fornas, Khofifah Titip Pesan Promosikan Bumi Majapahit

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Ni'am Kurniawan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melepas kontingen Fornas.(Foto: Diskominfo Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melepas kontingen Fornas.(Foto: Diskominfo Jatim)

Surabaya - Kontingen atlet dan official Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI 2022 Jawa Timur (Jatim) sudah diberangkatkan dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa(28/6/2022) lalu. Pelepasan kontingen Fornas dipimpin langsung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah menitipkan pesan kepada kontingen Fornas untuk memperkenalkan Jatim sebagai Bumi Majapahit. Daerah yang penuh dengan keberagaman dalam satu kesatuan Bhineka Tunggal Ika seperti yang terdapat dalam buku Sotasoma karangan Empu Tantular.

"Bumi Majapahit penuh keberagaman budaya, kearifan lokal, dan berbagai jenis olahraga yang berkembang di masyarakat daerah," ujar Khofifah dalam siaran pers yang diterima redaksi, Kamis (30/6/2022).

Selanjutnya, Khofifah berdoa dan memberikan ucapan kepada seluruh atlet dan official kontingen Jatim agar selalu menjaga kesehatan, keselamatan dan persaudaraan. Ia juga berharap kontingen Jatim bisa meraih kemenangan.

"Selamat bertanding, bersanding dan bahagia. Semoga kita semua diberi kesehatan. Tentu kami berharap Jatim datang untuk menang, semoga diijabah," harapnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jatim Hudiyono mengatakan bahwa olahraga yang dipertandingkan dalam Fornas berbasis massa, sehat, bugar dan gembira, serta menjadi garda terdepan di desa. Hal ini menjadi salah satu strategi kebugaran di masyarakat.

Baca juga:
Cara Perindo Jatim Rayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Dalam mengembangkan olahraga masyarakat, KORMI selalu menjalin komunikasi dengan berbagai induk olahraga di masyarakat dan Forkopimda. Dari komunikasi tersebut, dari tahun ke tahun jumlah induk olahraga masyarakat mengalami peningkatan. Fornas VI akan digelar di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, pada 1-7 Juli 2022.

Olahraga induk yang dipertandingkan di antaranya adalah Indonesia e-SportAssociation (IESPA), Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), dan Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Sementara untuk olahraga eksebisi, yakni Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (Porteda), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.

Baca juga:
Ribuan Warga Jatim Jadi Tamu Khusus Upacara HUT RI ke-77 di Grahadi, Bangga Rek!

Pada Fornas VI, Jatim mengirimkan 706 atlet dan official. Selain Khofifah, acara pelepasan juga dihadiri sejumlah pihak. Antara lain Ketua KORMI Jatim Hudiyono dan sejumlah pengurus KORMI Jawa Timur. Hadir pula Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Jatim Pulung Chausar dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Jatim.