Pixel Code jatimnow.com

Grebeg Suro Masuk KEN, Menkraf Sandiaga Janji Bantu Pemkab Ponorogo

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mita Kusuma
Menkraf Sandiaga Uno bersama Bupati Sugiri Sancoko saat  mengunjungi UMKM di Desa Ketonggo. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
Menkraf Sandiaga Uno bersama Bupati Sugiri Sancoko saat mengunjungi UMKM di Desa Ketonggo. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Ponorogo - Festival Nasional Reog XXVII yang masuk dalam acara Grebeg Suro 2022 bakal dibantu oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf). Hal itu disampaikan oleh Menkraf, Sandiaga Uno.

"Grebeg Suro masuk dalam KEN (Kalender Event Nasional), tentu kami bakal dukung beberapa tahapan," ujar Sandiaga Uno saat mengunjungi UMKM di Desa Ketonggo, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Kamis (30/6/2022).

Tahapan tersebut seperti proses kurasi, implementasi promosi sampai juga bagaimana ekonomi di Ponorogo bisa termobilisasi oleh event Grebeg Suro.

"Tim kami bakal diturunkan secara khusus memantau berjalannya Grebeg Suro," kata Sandiaga kepada wartawan.

Harapannya, ini adalah momentum kebangkitan. Sehingga jangan lengah karena beban ekonomi semakin berat.

"Jangan sampai program Grebeg Suro tidak menyentuh kebutuhan masyarakat, " jelasnya.

Baca juga:
Memaknai 1 Muharram, Warga Ponorogo Larung Sesaji di Telaga Ngebel

Langkah-langkahnya adalah adaptasi grebeg suro. Pasalnya sudah lama dinantikan masyarakat 2 tahun ditempa pandemi Covid-19.

Ditanya perihal bantuan dana, Sandiaga menjawab konsep program KEN bantuan pemerintah pusat baik dana pendampingan maupun aspek promosi, implementasi dan produksi.

Sementara itu, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko berharap besar terhadap bantuan dari kemenkraf. Karena dana yang harus dikeluarkan Rp8 miliar.

Baca juga:
Emil: Ponorogo dan Reog Tak Bisa Dipisahkan

"Kami mencoba mendorong pihak ketiga untuk pendanaan, yang penting konsep besar. Sudah selesai. Kemudian kami ingin merangkai pendanaannya, " jelasnya.

Kang Giri mengaku bahwa semua pelaku usaha di Ponorogo, diajak gathering, berlaku bukan hanya di dekat pabrik. Menurutnya ini momentum, event yang ditunggu oleh rakyat.

"Masuk nasional, Mas Sandi bisik-bisik nanti ada tim turun ke sini, atau kita ke sana bagaimana patungannya. Belum ada angka pasti, memberikan proposal sekian, untuk KEN," pungkasnya.