Pixel Code jatimnow.com

Duh! Patung Kadet Soewoko di Lamongan Jadi Sasaran Vandalisme

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Vandalisme di patung Kadet Soewoko, pahlawan masyarakat Lamongan. (Foto : Adyad Ammy Iffansah / jatimnow.com)
Vandalisme di patung Kadet Soewoko, pahlawan masyarakat Lamongan. (Foto : Adyad Ammy Iffansah / jatimnow.com)

Lamongan - Patung Monumen Kadet Soewoko di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Banjarmendalan, Kecamatan Deket, Lamongan, menjadi sasaran aksi vandalisme. Patung pahlawan kebanggan warga Lamongan yang mengarah ke Selatan berhadapan langsung dengan jalan poros nasional Gresik - Lamongan itu ternodai dengan ulah tangan usil orang tidak bertanggung jawab.

Dari pantauan jatimnow.com, coretan cat berwarna hitam terlihat jelas menutupi bagian monumen dinding depan berbahan marmer. Coretan bertuliskan "04" terlihat menutupi pahatan cerita kepahlawanannya dan memblok seolah-olah menghapus nama Kadet Soewoko dan 3 kawan seperjuanganya yakni Widodo, Kaery, Lasiban.

Aksi tersebut turut menuai kecaman dari warga. Terutama dari pengendara yang melintasi jalan tepat di depan taman monumen Kadet Seowoko.

"Duh, merusak pemandangan. Kok ada orang yang berperilaku seperti itu," Ungkap Tasman saat ditemui di lokasi, Jumat (1/7/2022).

Baca juga:
Noda Vandalisme Kadet Soewoko di Lamongan Langsung Dibersihkan

Senada, Kaslem warga setempat yang setiap hari mangkal sebagai Supeltas itu juga menyayangkan aksi kurang bermoral di patung pahlawan dari kalangan militer tersebut.

"Kalau cat ya sudah diniati. Berarti ada pelakunya, orang jelas juga mencoret keempat nama pahlawan. Sayang sekali, seumur-umur ya nggak hal-hal seperti itu," ujar Kaslem saat bergumun dengan warga setempat lainya.

Baca juga:
Kecam Vandalisme di Patung Kadet Soewoko Lamongan, Warga: Ngerti Wonge Tak Ajuri

Selain nilai sejarahnya, coretan tersebut juga mencemari keindahan ruang publik di Kota Lamongan. Seperti diketahui, jalan tepat berdirinya patung tesebut adalah jalur pemberhentian kendaraan karena terdapat jalur sebidang kereta api.