Pixel Code jatimnow.com

Bupati Banyuwangi Gelar Salat Gaib dan Doa untuk Almarhum Tjahjo Kumolo

Editor : Zaki Zubaidi
Bupati Ipuk Fiestiandani menggelar salat gaib dan doa bersama untuk almarhum Tjahjo Kumolo. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi)
Bupati Ipuk Fiestiandani menggelar salat gaib dan doa bersama untuk almarhum Tjahjo Kumolo. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi)

Banyuwangi - Berita wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggalkan duka bagi bangsa Indonesia. Tak terkecuali bagi warga Banyuwangi.

Bupati Ipuk Fiestiandani menggelar salat gaib dan doa bersama untuk almarhum Tjahjo Kumolo di Masjid Babussalam, Pemkab Banyuwangi, Jumat (1/7/2022).

"Mari kita doakan bersama semoga Pak Tjahjo Kumolo diampuni segala dosanya dan diterima seluruh amal baiknya. Ditempatkan oleh Allah SWT di tempat yang terbaik di sisi-Nya," ungkap Ipuk.

Ipuk mengenang sosok Tjahjo Kumolo sebagai seorang menteri yang bersahaja dan banyak berkontribusi dalam kemajuan Banyuwangi. Salah satu kontribusinya adalah turut meresmikan Pasar Pelayanan Publik yang ditempatkan di Pasar Rogojampi dan Pasar Genteng.

Dengan inovasi ini, dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen perizinan maupun administrasi kependudukan.

Baca juga:
Fish Market Festival, Bupati Ipuk Dorong Diversifikasi Usaha Nelayan

"Berkat motivasi dan bimbingan dari Pak Tjahjo inilah, pasar pelayanan publik mampu menjadi penguat pelayanan publik, bahkan menjadi salah satu nominator inovasi pelayanan publik terbaik tahun ini," terang Ipuk.

Ipuk menambahkan, di Kemenpan RB juga ada program Sinovik atau Sistem Informasi Pelayanan Publik yang berbasis kompetisi. Setiap instansi pemerintah dari pusat hingga daerah diwajibkan untuk mengirimkan sejumlah inovasi unggulannya.

“Pak Tjahjo sangat concern mendorong daerah-daerah berinovasi,” ujar Ipuk yang juga Ketua Bidang Kerja Sama Daerah pada Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) tersebut.

Baca juga:
Keren! Gang Sempit di Banyuwangi Disulap Jadi Pusat Oleh-oleh

Sebagai seorang menteri, Tjahjo Kumolo memang tercatat beberapa kali berkunjung ke Bumi Blambangan tersebut. Di antaranya adalah meresmikan Warung NKRI (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI) bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 20 Januari 2022.

Pada saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri, juga pernah menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk di halaman Pemkab Banyuwangi dalam rangka sosialisasi Pemilu. Dia juga meresmikan Pasar Pelayanan Publik serta meninjau Mal Pelayanan Publik Banyuwangi.