Pixel Code jatimnow.com

Pelaksanaan Vaksin PMK Tahap 1 di Jombang Capai 92 Persen

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Elok Aprianto
Tim dari Dinas Peternakan Kabupaten Jombang saat melakukan vaksinasi PMK di Wonosalam.(Foto: Elok Aprianto)
Tim dari Dinas Peternakan Kabupaten Jombang saat melakukan vaksinasi PMK di Wonosalam.(Foto: Elok Aprianto)

Jombang - Pelaksanaan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Jombang terus dikebut. Hingga kini, capaian vaksinasi PMK tahap di Kota Santri mencapai 92 persen.

"Hari ini vaksin sudah mencapai 92 persen atau sekitar 7.814 ekor sapi. Dengan rincian Kecamatan Ngoro 201 ekor, Kecamatan Plandaan 202 ekor, Diwek 10 ekor, Gudo 80 ekor dan Bandarkedungmulyo 23 ekor, totalnya 516 ekor," terang Kepala Dinas Peternakan Jombang, Agus Susilo Sugioto, Senin (4/7/2022).

Agus menjelaskan, pelaksanaan vaksin PMK tahap 1 masih terus berjalan. Bahkan di lokasi tersulit seperti di Dusun Rapahombo, Dusun Kedundendeng dan Nampu, juga menjadi sasaran tim vaksin PMK.

Baca juga:
Gubernur Jatim Pastikan Vaksinasi Aman, Peternak Harus Tenang

"Kemarin dari 3 dusun di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, dapat 202 ekor. Prosesnya lancar meskipun medan ekstrem seperti Wonosalam dan Plandaan, tim tetap semangat mas," pungkasnya.

Perlu diketahui, Kabupaten Jombang mendapat 8.500 dosis vaksin PMK dari Kementerian Pertanian. Vaksin PMK ditujukan untuk wilayah yang memiliki jumlah kasus PMK tinggi. Vaksin ini diberikan pada sapi warga yang kondisinya sehat.

Baca juga:
Tinggal 1 Kecamatan Zero PMK, Bupati Lamongan Berencana Salurkan Bantuan Obat