Pixel Code jatimnow.com

Warga Desa di Lamongan Demo Gegara Proyek Nasional, Ini Pemicunya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Warga Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan saat menggelar unjuk rasa di Rawa Jabung Dyke dan balai desa setempat (Foto-foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Warga Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan saat menggelar unjuk rasa di Rawa Jabung Dyke dan balai desa setempat (Foto-foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Konflik agraria pecah di Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. Ratusan warga geram gegara santunan ganti rugi di lahan proyek Waduk Jabung Ring Dyke (JRD) kurang tepat sasaran.

Warga merasa terzolimi dengan keberadaan para penggarap lahan di kawasan tersebut. Sebab para penggarap yang didominasi warga luar daerah itu, yang justru akan menerima santunan ganti rugi proyek JRD.

Merasa santunan ganti rugi tidak tepat sasaran, warga mendesak agar kepala desa setempat tidak menandatangani berkas santunan ganti rugi.

Sebenarnya, proyek Waduk Jabung Ring Dyke dimulai pada Tahun 2011 dan bukan pada 1980 silam. Setelah proyek tersebut mangkrak, sejumlah warga kemudian memanfaatkan lahan itu untuk dijadikan sawah dan tambak.

"Kita mendesak kepala desa agar jangan menandatangani dokumen santunan. Karena para penggarap sawah atau rawa itu bukan orang desa kami, tapi orang luar," ungkap warga Desa Dateng, Habib, Senin (4/2/7/2022).

Baca juga:
Massa BMM Sebar Rokok Ilegal di Depan Kantor Bea Cukai Madura

Warga Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan saat menggelar unjuk rasa di Rawa Jabung Dyke dan balai desa setempatWarga Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan saat menggelar unjuk rasa di Rawa Jabung Dyke dan balai desa setempat

Habib dan warga lain juga meminta agar pemerintah desa mengembalikan fungsi rawa di kawasan proyek Waduk Jabung Ring Dyke seperti dahulu, yaitu sebagai tempat penampungan air yang bisa digunakan untuk mengairi lahan pertanian.

"Tuntutan kita sudah jelas, minta agar kawasan di proyek Waduk Jabung Ring Dyke itu dikembalikan sebagaimana fungsinya," ujar dia.

Baca juga:
Warga Genteng Wetan Banyuwangi Gelar Aksi, Tuntut Penutupan Toko Miras

Sementara Kepala Desa Dateng, Imqori berjanji akan menampung aspirasi dari warga yang hari ini menggelar unjuk rasa.

"Alih fungsi lahan rawa menjadi tempat pertanian dan juga tambak dinilai sangat berdampak bagi para petani. Sebab mereka kerap kekurangan air," papar Imqori.