Pixel Code jatimnow.com

Muhammadiyah Jatim Siap Gelar Salat Idul Adha 9 Juli 2022

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Ni'am Kurniawan

Surabaya - Muhammadiyah resmi menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 9 Juli 2022. Hal itu disampaikan Sekretaris Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur (Jatim) Tamhid Masyhudi.

"Untuk Hari Raya Idul kurban itu tanggal 9 (Juli). Jadi sesungguhnya Muhammadiyah sudah menetapkan dulu meski pemerintah kemudian rukyat menetapkan tanggal 10," ucap Tamhid kepada jatimnow.com, Kamis (7/7/2022).

Meski pemerintah menetapkan Idul Adha 10 Juli 2022, pihaknya mengaku akan tetap menghargai keputusan tersebut. Menurutnya, perbedaan sangat lumrah terjadi di Indonesia. Dari kaca mata Muhammadiyah, penetapan awal Qomariyah pada 9 Juli berbarengan dengan Arab Saudi.

"Bagi Muhammadiyah, perbedaan itu sesuatu yang biasa dan lumrah dan mohon untuk saling memahami. Meski untuk tahun ini tanggal 9 itu bertepatan dengan Saudi," katanya.

Baca juga:
Yayasan Pesantren Islam di Surabaya Ini Sembelih Kurban secara Eco Green

Begitupun penyelenggaraan salat Idul Adha. Bagi warga yang ingin menunaikan pada 9 Juli 2022, Muhammadiyah telah menyiapkan tempat-tempat untuk ibadah hingga berlanjut penyembelihan hewan kurban.

"Semua warga masyarakat yang ingin menjalankan salat Idul Adha hari Sabtu tanggal, 9 silahkan datang karena sudah kami sediakan," tandas Tamhid.

Baca juga:
Pemkot Pasuruan Salurkan 6 Sapi dan 105 Ekor Kambing Kurban untuk Warga

Ia juga berpesan kepada para pengurus dan panitia penyembelihan kurban untuk memastikan setiap hewan bersih dari wabah PMK.

"Penyembelihan setelah kami salat Idul Adha. Itu proses penyembelihan sudah bisa dimulai, sampai hari tasrikh dan yang perlu diperhatikan adalah hewan yang disembelih sehat, apalagi saat ini PMK," pungkasnya.