Pixel Code jatimnow.com

Hore! Mas Dhito Pastikan Bandara Kediri Mulai Beroperasi Oktober 2023

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Yanuar Dedy
Mas Dhito saat meninjau proyek Bandara Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/Jatimnow.com)
Mas Dhito saat meninjau proyek Bandara Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/Jatimnow.com)

Kediri - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memastikan Bandara Dhoho International Airport Kediri, akan mulai beroperasi pada Oktober 2023.

"Bandara akan tetap selesai di bulan Juni, cuman baru beroperasi di bulan Oktober 2023," kata Mas Dhito, melalui rilis yang diterima redaksi, Sabtu (9/7/2022).

Bupati Kediri yang akrab disapa Mas Dhito itu, kemarin melakukan peninjauan proyek pembangunan bandara di kawasan barat sungai.

Pemerintah, menurut Mas Dhito, sangat perlu mengetahui progres pembangunan bandara oleh PT Surya Dhoho Investama (SDHI) tersebut. Pasalnya, pemerintah harus menyiapkan infrastruktur terkait ruas jalan yang mendukung konektivitas antarwilayah.

"Jangan sampai bandara sudah selesai jalannya belum siap," tambah Mas Dhito.

Selain proyek jalan tol yang ditangani pemerintah pusat, pemerintah Kabupaten Kediri juga menyiapkan ruas-ruas jalan alternatif. Dia menyebutkan, ruas jalan dari Kertosono mulai Papar-Gampengrejo-Purwoasri perlahan mulai dilakukan perbaikan.

Selain jalan, Mas Dhito menyebut saat ini tengah mengerjakan Jembatan Ngadi penghubung antara Kabupaten Kediri dengan Tulungagung. Kemudian akan dilanjutkan Jembatan Mrican yang menghubungkan Kota Kediri dengan Kabupaten Kediri.

Baca juga:
Mas Dhito Rencanakan Pelatihan Penguatan SDM BUMDes

"Tidak mungkin sudah ada bandara tapi ada satu konektivitas yang terputus karena jembatan yang tidak dibangun," tuturnya.

Mas Dhito menegaskan, pemerintah sangat serius untuk mempersiapkan adanya bandara. Sebab, adanya bandara dipastikan akan terjadi lonjakan atau perubahan yang cukup eksponensial baik itu sektor perekonomian, pariwisata, maupun sektor lain.

"Kami berharap adanya bandara yang pertama bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat yang ada di Kediri Raya," tuturnya.

Baca juga:
Mbak Cicha Bekali Peserta Jamnas Cara Memasak Sambal Pecel dan Tumpang

Sementara itu, Direktur PT SDHI Maksin Arisandi menyampaikan sejauh ini proses pembangunan berjalan sesuai target yang ditentukan. Keseluruhan, secara fisik ditargetkan pertengahan 2023 selesai.

"Jadi sejauh ini masih on track, sesuai target. Mudah-mudahan lancar sampai selesai dan tahun depan sudah mulai beroperasi targetnya," terangnya.

(ADV)