Pixel Code jatimnow.com

Idul Adha 1443 Hijriah, SIG Salurkan 423 Hewan Kurban Senilai Rp4,32 Miliar

Editor : Sofyan Cahyono
SIG menyalurkan hewan kurban.(Foto: Humas SIG)
SIG menyalurkan hewan kurban.(Foto: Humas SIG)

Jakarta - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) turut merayakan Idul Adha 1443 Hijriah. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyalurkan 423 hewan kurban yang terdiri dari 160 sapi dan 263 kambing senilai Rp4,32 miliar. Penyaluran hewan kurban tersebar di 138 lokasi. Meliputi masjid, yayasan, pondok pesantren, instansi serta permukiman masyarakat di sekitar operasional perusahaan SIG.

Penyaluran hewan kurban dari SIG dilakukan secara bertahap mulai pada Jumat (1/7/2022) hingga Sabtu (9/7/2022). Wilayah penyaluran antara lain Gresik dan Tuban (Jatim), Rembang dan Cilacap (Jateng), Narogong (Jabar), Jakarta Selatan (DKI Jakarta), Gading Cempaka (Bengkulu), Padang (Sumbar), Karo (Sumut), Katibung (Lampung Selatan), Dumai (Riau), Pangkep (Sulawesi Selatan), Mamuju (Sulawesi Barat), Balikpapan dan Samarinda (Kalimantan Timur), Banjarmasin Barat (Kalimantan Selatan), Nusaniwe (Ambon), Aceh Besar (Aceh) dan Sorong (Papua Barat).

General Manager of CSR SIG Edy Saraya mengatakan, Idul Adha menjadi momen tepat untuk saling berbagi dengan menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat sekitar perusahaan. Penyaluran hewan kurban juga sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Bantuan menjadi salah satu bentuk rasa syukur kami atas pencapaian perusahaan selama ini, serta apresiasi kepada masyarakat yang mendukung dan tumbuh bersama SIG. Semoga melalui penyaluran bantuan ini dapat menumbuhkan rasa memiliki bagi masyarakat atas perusahaan, serta senantiasa mendoakan agar dapat menjalankan bisnis dengan baik dan memberikan kontribusi yang lebih besar,” kata Edy Saraya.

Bantuan hewan kurban yang disalurkan SIG melibatkan UMKM peternak lokal. Harapannya mampu meningkatkan ekonomi UMKM.

Baca juga:
Yayasan Pesantren Islam di Surabaya Ini Sembelih Kurban secara Eco Green

“Kami memastikan seluruh hewan kurban telah melalui serangkaian tes kesehatan sehingga aman untuk di konsumsi. SIG juga memastikan hewan kurban akan disalurkan secara terarah sehingga tepat sasaran,"” ujar Edy Saraya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidorukun, Kabupaten Gresik, Djuli Aspug, berterima kasih dengan adanya bantuan hewan kurban berupa sapi. Menurutnya, SIG rutin memberikan bantunan hewan kurban setiap Idul Adha di desanya.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini, dan akan melakukan penyembelihan di Balai Desa Sidorukun Gresik untuk dibagikan kepada 60 kepala keluarga,” ujarnya.

Baca juga:
Pemkot Pasuruan Salurkan 6 Sapi dan 105 Ekor Kambing Kurban untuk Warga

Selain pemberian hewan kurban, berbagai kegiatan sosial telah dilakukan di desa Sidorukun Gresik.

“Semoga SIG terus berkembang dan memberikan kontribusi lebih luas kepada masyarakat seperti selama ini,” ucap Djuli Aspug.