Pixel Code jatimnow.com

Idul Adha 2022

Mas Dhito Ajak Shanaya Tengok Boni, Sapi Simmental yang Dikurbankan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Mas Dhito bersama istri dan Shanaya melihat sapi Boni (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Mas Dhito bersama istri dan Shanaya melihat sapi Boni (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

Kediri - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) turut mengurbankan satu ekor sapi di Hari Raya Idul Adha 1443 H, Minggu (10/7/2022).

Usai Salat Idul Adha di masjid dekat rumahnya di komplek Perumahan Budaya Cipta, Ngasem, Mas Dhito bersama istrinya Eriani Annisa Hanindhito dan Shanaya, anak semata wayang menengok sapi yang ia beri nama Boni.

Shanaya pun terlihat senang melihat Boni, sapi jenis simental yang ada di depannya.

"Naya bingung kenapa sapinya mau dipotong, padahal sudah dikasih nama sama dia," ujar Mas Dhito.

Mas Dhito dan istri pun memberikan pengertian kepada anaknya. Mereka mencoba mengajarkan sejak dini kepada anaknya tentang makna berkurban.

Baca juga:
Sinau Bareng Cak Nun, Mas Dhito: Kita Ini Masih Degan

"Kita memberikan pendidikan sejak dini bahwa dalam Islam ada Idul Adha, di mana umat muslim bagi yang merasa mampu diwajibkan untuk berkurban baik itu kambing, sapi, domba apapun yang masuk syarat kurban," terangnya.

Usai melihat Boni, Shanaya diajak ibunya kembali ke rumah, sedangkan Mas Dhito menunggu proses penyembelihan. Proses penyembelihan sapi dengan berat hampir 800 kilogram itu dilakukan oleh petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri bersama warga sekitar.

Baca juga:
Forum Bareng Budayawan, Mas Dhito Siap Beri Diskon Pajak Bagi Pelaku Seni

Usai disembelih, daging sapi diperiksa dan dinyatakan sehat. Setelah dibagi dalam besek anyaman bambu, daging sapi kemudian didistribusikan panitia kepada warga.

(ADV)