Pixel Code jatimnow.com

Blok Napi Narkoba dan Tamping di Lapas Sidoarjo Digeledah, Ini Temuannya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zainul Fajar
Petugas Divpas Kantor Kemenkumham Jatim saat melakukan penggeledahan di Lapas Sidoarjo (Foto: Humas Kemenkumham Jatim)
Petugas Divpas Kantor Kemenkumham Jatim saat melakukan penggeledahan di Lapas Sidoarjo (Foto: Humas Kemenkumham Jatim)

Sidoarjo - Sejumlah petugas dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jatim sidak dan penggeledahan di Lapas Sidoarjo. Mereka menemukan sejumlah barang elektronik hingga benda tajam.

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jatim, Teguh Wibowo menyebut, sidak ini kembali digelar setelah dua tahun pandemi. Katanya, sidak dan penggeledahan itu dilakukan bersama Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan pada Selasa (12/7/2022) malam.

"Kali ini kami fokus ke kamar hunian kasus narkoba dan kamar tahanan pendamping (tamping)," jelas Teguh tertulis, Rabu (13/7/2022).

Dalam penggeledahan itu, petugas menemukan barang elektronik, uang tunai, peralatan pertukangan dan beberapa benda tajam.

"Dengan disaksikan oleh kalapas beserta staf, seluruh barang temuan hari ini dimusnahkan," terangnya.

Menurut Teguh, penggeledahan dilakukan secara acak, dimulai dari kamar hunian narapidana kasus narkotika, di blok a. Di sini, semua barang warga binaan diperiksa.

Baca juga:
Kantor Khilafatul Muslimin Surabaya Raya Digeledah, Belasan Orang Diperiksa

"Tetap dengan sikap humanis. Kami melakukan salam dan tegur sapa kepada warga binaan untuk memeriksa kamar mereka satu per satu," tuturnya.

Teguh menambahkan, penggeledahan itu sebagai salah satu evaluasi pelaksanakan kunjungan langsung secara terbatas. Katanya, kunjungan langsung setelah dua tahun ditiadakan berpotensi dimanfaatkan oknum-oknum untuk menyelundupkan barang terlarang.

"Kami telah memerintahkan seluruh jajaran untuk aktif melakukan deteksi dini maupun penggeledahan agar lapas atau rutan bersih dari narkotika," tegasnya.

Baca juga:
Geledah Kantor Khilafatul Muslimin Surabaya Raya, Polisi Sita Poster hingga Buku

Teguh juga memerintahkan jajarannya agar teliti dalam memeriksa barang bawaan pengunjung. Terutama yang akan dibawa masuk ke dalam ruang besuk.

Dia juga mengimbau warga binaan agar membantu petugas lapas menciptakan suasana yang kondusif, salah satunya dengan tidak menyalahgunakan narkotika.