Pixel Code jatimnow.com

Keren, Pemkot Pasuruan Launching Aplikasi Siap Pak RT

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Moch Rois
Dua ketua RT menjajal Aplikasi Siap Pak RT di hadapan Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)
Dua ketua RT menjajal Aplikasi Siap Pak RT di hadapan Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)

Pasuruan - Inovasi layanan digitalisasi terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan. Terbaru, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil merancang Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan khusus untuk Ketua Rukun Tetangga (Siap Pak RT).

Aplikasi yang nantinya akan digunakan oleh para ketua RT se Kota Pasuruan itu dilaunching Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pendopo Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, Rabu (13/7/22) pagi.

Gus Ipul mengatakan bahwa aplikasi Siap Pak RT merupakan inovasi untuk mengoptimalkan pelaporan mobilitas dan beberapa urusan kependudukan hingga ke tingkat RT.

Menurut Gus Ipul, aplikasi ini juga bertujuan untuk tercapainya validitas data kependudukan bagi warga Kota Pasuruan. Aplikasi ini semakin memudahkan tugas para kKetua RT dalam "mendeteksi" warganya.

Hadirnya aplikasi ini juga sebagai peningkatan layanan dalam memfasilitasi warga yang menginginkan layanan kependudukan dari RT setiap saat.

"Banyak masyarakat yang karena kesibukannya masing-masing akhirnya meminta pelayanan kepada ketua RT dan RW di malam hari, karena siang harinya bekerja. Sebaliknya ada suatu kelompok masyarakat yang karena waktu pekerjaannya, hanya punya waktu mengakses layanan pagi hari. Adanya aplikasi ini untuk menyesuaikan kondisi tersebut dengan memanfatkan teknologi," terang Gus Ipul.

Gus Ipul menambahkan, digitalisasi layanan bagi masyarakat merupakan suatu keharusan yang mau tidak mau dilakukan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Selain itu, Gus Ipul menilai, layanan yang baik adalah yang mengurangi interaksi langsung antar manusia kecuali layanan tertentu yang tidak bisa digantikan oleh teknologi.

Baca juga:
Pekan Muharam Kota Pasuruan, Berbagi Kasih Anak Yatim Bersama Bunda Fatma

"Layanan yang baik adalah layanan yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan mengurangi interaksi langsung antar manusia, terutama layanan pemerintah yang diakses langsung oleh masyarakat. Harus dikombinasi dengan kemajuan teknologi," papar dia.

Gus Ipul menjelaskan, Aplikasi Siap Pak RT sangat informatif. Ketua RT yang nantinya akan menjadi pengguna aplikasi tersebut dapat melihat data warganya dari smartphone miliknya.

"Jumlah warganya berapa, usianya berapa, akan terlihat semua dari aplikasi ini. Tentunya akan memudahkan Pak RT untuk mengontrol dan membina warganya dalam rangka melayani penduduk di lingkungan RT tersebut," lanjutnya.

Dia juga menyebut bahwa aplikasi ini sangat berguna, salah satunya untuk mengawasi keberadaan orang asing yang tidak melaporkan data dirinya apabila datang dan tinggal di suatu daerah.

Baca juga:
Mas Adi Apresiasi Kepolisian Bentuk Satgas PPA di Kota Pasuruan

Misalnya warga luar kota yang mengontrak rumah atau tinggal di daerah kos-kosan.

"Ini untuk memastikan bahwa orang yang tinggal di lingkungan kita teridentifikasi data kependudukannya," tuturnya.

Gus Ipul menghimbau agar sosialisasi aplikasi ini terus dilakukan secara masif kepada seluruh ketua RT di Kota Pasuruan.

"Mohon untuk terus disosialisasikan penggunaan aplikasi ini agar dapat digunakan oleh seluruh ketua RT di Kota Pasuruan," pungkasnya.