Pixel Code jatimnow.com

Misteri Hantu Nenek Bungkuk Penghuni Tanah Kosong Gegerkan Pare Kediri

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Yanuar Dedy
Lokasi penampakan hantu nenek bungkuk. (Foto: Yanuar Dedy/Jatimnow.com)
Lokasi penampakan hantu nenek bungkuk. (Foto: Yanuar Dedy/Jatimnow.com)

Kediri - Orlyn, bocah periang itu mendadak murung. Berteman gawai, dia mengurung diri di kamarnya yang bernuansa warna pink. Tak biasanya Orlyn menolak ajakan sang ibu, April, ke pasar untuk berbelanja atau sekadar cuci mata.

Ya, warga Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri belakangan ini digegerkan oleh kisah misteri penampakan sosok nenek bungkuk berambut putih panjang. Kisah makhluk astral yang menghuni tanah kosong di lingkungan tersebut muncul dari mulut beberapa warga.

Seminggu berlalu, sikap Orlyn yang berubah sejak akhir Juni itu membuat keluarga bertanya-tanya. Di siang bolong, ucapan bocah 3 tahun tersebut mendadak bikin merinding. Dia mengaku bertemu nenek jail. Tubuhnya membungkuk ke depan, membentuk sudut 90 derajat. Membawa tongkat kecil, rambutnya putih panjang terurai ke bawah. Tutur lugu Orlyn menggambarkan sosok gaib itu terasa nyata.

“Katanya itu ada nenek jail di rumah bunda. Jalan bungkuk bawa tongkat kecil, rambutnya panjang,” kata April, Kamis (14/7/2022). Bunda adalah panggilan akrab kerabatnya.

Nenek bungkuk itu, lanjut April memberikan isyarat tangan seolah mengusir putrinya itu. Tapi saat Orlyn pergi, sosok itu mengikutinya hingga hampir mendekati rumah.

Percaya atau tidak, kerap muncul kata-kata yang bikin bulu kuduk tiba-tiba berdiri dari mulut mungil Orlyn. Dia pernah melihat bocah-bocah kecil berlarian di atap gudang, tiba-tiba dia melihat orang berbaju putih jalan loncat. Apa yang dilihatnya, disampaikan saat itu juga. Tapi hari itu, keluarga menganggapnya biasa.

Namun, ketakutan Orlyn yang semakin parah membuat keluarga mulai mencari jawaban. Sejak saat itu, Orlyn enggan keluar, meski hanya di teras rumahnya. Dia juga buru-buru menutup pintu ketika ibu, ayah atau dua kakak laki-lakinya lupa menutupnya.

Baca juga:
Misteri Kuburan Karangdoro Kediri, Pesugihan Hantu Kuda Berkepala Manusia

Belakangan hal itu terjawab. Jono, suami bunda tiba-tiba cerita soal penampakan hantu mirip dengan apa yang digambarkan Orlyn. Nenek bungkuk itu muncul dari tanah kosong di samping rumahnya.

Tanah kosong itu berpagar tembok putih dan pintu besi besar berwarna coklat tua. Di dalamnya dipenuhi pohon dan semak belukar. Berada di tengah permukiman padat penduduk, tanah kosong itu tak pernah dijamah. Pintunya tertutup rapat sama sekali tak pernah dibuka.

Cerita penampakan itu pun sampai ke telinga Indah, warga sekitar. Indah yang tinggal di timur tanah kosong tersebut mengaku pernah melihat sosok itu.

Menurut Indah, nenek bungkuk itu merupakan penghuni pohon Kamboja yang tumbuh di tanah kosong tersebut. Seolah mengamini apa yang dilihat Orlyn, beberapa warga lain juga mengaku pernah melihat penampakan yang sama di sekitar lokasi.

Baca juga:
5 Berita Trending Pekan Ini, Nomor 5 Bisa untuk Uji Nyali

Kerabat April yang dikenal sebagai "orang pintar" turut memberikan penegasan atas penampakan itu. Tak mengelak dia justru memberikan gambaran lebih jelas soal sosok itu. Dia menyebut nenek bungkuk itu memiliki gigi yang panjang. Jika rambut putih yang terurai tersebut dilempar ke belakang, gigi itu akan terlihat hingga menyentuh tanah.

“Katanya kalau rambutnya dibuka ke belakang, giginya menyentuh tanah,” tambah April.

Kini, cerita penampakan nenek bungkuk masih menjadi perbincangan yang hangat di lingkungan tersebut. Sebagian takut, lainnya menganggap cuek hal itu. Aktivitas warga berjalan normal.