Pixel Code jatimnow.com

Elektabilitas Ganjar Unggul Mutlak di Jatim Versi Charta Politika

Editor : Redaksi
Hasil Survei Charta Politika (Foto tangkapan layar)
Hasil Survei Charta Politika (Foto tangkapan layar)

Surabaya - Lembaga survei Charta Politika Indonesia, mengeluarkan rilis hasil survei terkait Calon Presiden (Capres) 2024 di Provinsi Jawa Timur. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, unggul telak dari 3 nama pesaing terdekatnya.

Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Ganjar berhasil memperoleh raihan sebanyak 31,8 persen suara, posisi kedua diduduki Anies dengan 17 persen. Sementara Khofifah dan Prabowo mendapatkan suara imbang dengan masing-masing 15 persen.

"Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo elektabilitasnya 31,8 persen, menjadi pilihan tertinggi responden di Jawa Timur. Jauh di atas nama-nama lainnya," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam keterangannya, Kamis (14/7/2022).

Baca juga:
Ratusan Warga di Ponorogo Dukung Prabowo Maju Pilpres 2024

Survei yang dilaksanakan pada tanggal 24 sampai 30 Juni 2022 lalu ini, mengambil sampel sebanyak 1.200 responden dengan nilai margin of error 2,83 persen.

Lebih lanjut, survei ini dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka secara langsung. Wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga:
Elektabilitas Gerindra Bayangi PDIP, Prabowo di Atas Ganjar dan Anies

Metodologi yang digunakan yakni metode acak bertingkat atau multistage random sampling pada tingkat kepercayaan masyarakat 95 persen.

Sementara itu, ihwal pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, lebih dari 80 persen responden menyatakan mengetahui hal ini. Mayoritas responden di Jawa Timur juga turut menyatakan tidak setuju dengan wacana penundaan pelaksanaan Pemilu 2024.