Pixel Code jatimnow.com

Survei Elektabilitas Partai di Jatim, Gerindra Ungguli PDIP dan PKB

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Ni'am Kurniawan
Data survei LANSKAP tentang elektabilitas partai di Jatim
Data survei LANSKAP tentang elektabilitas partai di Jatim

Surabaya - Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (LANSKAP) merilis hasil surveinya tentang elektabilitas partai di Jawa Timur (Jatim). Partai Gerindra memiliki elektabilitas teratas. Disusul PDIP dan PKB.

"Di Jatim, pemuncak elektabilitas parpol ditempati Gerindra dengan persentase keterpilihan 30 persen. Disusul PDIP diangka 21,1 persen, PKB 18,9 persen," ucap Direktur Eksekutif LANSKAP Mochammad Thoha, Senin (18/7/2022).

Posisi keempat ada Partai Golkar diikuti dengan PPP. Perindo lagi-lagi memberi kejutan berada di posisi kelima. Lalu partai-partai penghuni Senayan seperti NasDem dan PAN.

"Golkar 3 persen, PPP 2,6 persen dan parpol lainnya," lanjut Thoha.

Baca juga:
10 Partai Politik di Lamongan Minta Tambahan Dana Banpol

Sedangkan di Jawa Tengah (Jateng), terkait elektabilitas parpol berdasarkan hasil temuai survei ini menunjukkan bahwa masih menjadi basis PDIP dan PKB dengan persentase masing-masing 34,7 persen dan 12,9 persen. Posisi selanjutnya diisi oleh PPP 7,4 persen, Gerindra 6,6 persen, dan Golkar 3,9 persen.

"Perindo 1,2 persen, berhasil masuk ke posisi ke 9 melewati PAN dan PSI. Masih ada 25,5 persen yang belum punya pilihan+TT/TJ yang artinya masih terbuka peluang bagi partai-partai untuk mencapai Parliamentary Threshold (PT)," lanjut Thoha.

Baca juga:
Survei ARCI: Pasangan Khofifah-M Fawait Dilirik di Pilgub Jatim 2024

Thoha mengungkap, Survei LANSKAP dilakukan dari masing-masing provinsi mulai Jateng dan Jatim. Sample yang diambil dari masing-masing provinsi adalah 880 responden dengan menggunakan teknik multistage random sampling dengan margin of error ± 3,3 persendan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Survei ini merupakan hasil yang dikumpulkan melalui wawancara tatap muka pada 29 Juni hingga 8 Juli 2022," tandasnya.