Pixel Code jatimnow.com

Paripurna II Bersama DPRD, Pemkot Pasuruan Dapat Apresiasi WTP dan Usulan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Moch Rois
Rapat Paripurna II DPRD dan Pemkot Pasuruan (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)
Rapat Paripurna II DPRD dan Pemkot Pasuruan (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)

Pasuruan - DPRD Kota Pasuruan menggelar rapat paripurna II bersama Pemkot Pasuruan, tentang pandangan umum fraksi-fraksi terhadap rancangan peraturan daerah (raperda) pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Pasuruan Tahun Anggaran 2021, Senin (18/7/2022).

Dalam rapat paripurna II tersebut, perwakilan fraksi-fraksi partai di DPRD menyampaikan usulan dan pertanyaan yang disampaikan kepada Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo.

Tutur, juru bicara Fraksi Partai Gerindra menyampaikan apresiasinya atas hasil kinerja Pemkot Pasuruan dalam menyusun laporan keuangan sehingga BPK-RI mengeluarkan LHP dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Dengan adanya raihan prestasi ini menjadi energi positif yang mampu menggerakkan roda pemerintahan Kota Pasuruan dengan hasil yang lebih baik lagi," kata Tutur.

Menurutnya, dari sisi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkot Pasuruan telah berhasil meningkatkan 108,01% dari yang telah direncanakan.

"Semoga ada terobosan baru dalam regulasi untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pasuruan melalui peningkatan PAD khususnya dari sektor penerimaan," ucapnya.

Baca juga:
Program Komunitas Isi Piringku Jatim Diluncurkan di Kota Pasuruan

Fraksi Partai Gerindra juga berharap Pemkot Pasuruan lebih mematangkan perencanaan, kajian, dan strategi yang baik, seperti prioritas terhadap pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan masyarakat serta perbaikan infrastruktur yang tersinkronisasi dengan kebijakan nasional.

"Kami berharap Pemkot Pasuruan lebih mematangkan perencanaan dan strategi yang baik terhadapap pembangunan dan perbaikan infrastruktur untuk kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Selain itu, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyampaikan usulan terkait pemberian seragam sekolah gratis bagi siswa SD dan SMP agar diberikan pada siswa baru pada tahun ajaran baru untuk meringankan beban orang tua.

Baca juga:
Pekan Muharam Kota Pasuruan, Berbagi Kasih Anak Yatim Bersama Bunda Fatma

"Terkait pendistribusian seragam baru untuk siswa SD dan SMP bisa diberikan saat awal masuk siswa baru biar bisa meringankan beban orang tua," usul Juru Bicara Fraksi PKB, Nawawi.

Diketahui, Rapat Paripurna II di Gedung DPRD Kota Pasuruan itu dibuka langsung oleh Ketua DPRD H. Ismail Marzuki didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo, Anggota DPRD Kota Pasuruan, Forpimda Kota Pasuruan dan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan.