Pixel Code jatimnow.com

Bajak Sambal Terasi, Inovasi Pemkot Mojokerto untuk Bayar PBB Pakai Sampah

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Achmad Supriyadi
Halaman aplikasi Bajak Sambal Terasi. (Tangkapan layar)
Halaman aplikasi Bajak Sambal Terasi. (Tangkapan layar)

Mojokerto - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto membuat inovasi baru dalam pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB). Yakni, Bayar Pajak Pakai Sampah Bisa Langsung dan Terintegrasi (Bajak Sambal Terasi). Aplikasi tersebut dapat diakses anggota bank sampah.

"Bajak Sambal Terasi merupakan sebuah aplikasi pembayaran PBB menggunakan sampah yang langsung terintegrasi data di SISMIOP Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Mojokerto atas pembayaran di bank sampah, ini sudah tervalidasi dan lunas," kata Kepala Bidang Pendapatan BPKPD Kota Mojokerto Endra Antariksa dalam keterangan tertulis, Rabu (20/7/2022).

Tujuan penggunaan bank sampah sebagai alternatif pembayaran pajak guna memperluas kanal pembayaran pajak. Jadi memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran PBB. Selain menggunakan beberapa kanal pembayaran melalui mobil pelayanan jemput bola BPKPD Kota Mojokerto, membayar langsung ke kantor pajak, serta melalui minimarket.

"Diharapkan ketika kanal pembayaran itu diperluas maka memudahkan melakukan kewajiban membayar PBB," ungkap Endra.

Beberapa manfaat dalam aplikasi Bajak Sambal Terasi di antaranya adalah pengecekan status pembayaran PBB bagi anggota bank sampah serta saldo yang terintegrasi.

Baca juga:
Onde-onde dan Alas Kaki Asal Kota Mojokerto Laris Manis di Indonesia City Expo

"Nantinya aplikasi juga terintegrasi dengan Bank Jatim. Bila terdapat kelebihan saldo dalam pembayaran PBB, dapat ditransfer ke rekening Bank Jatim yang ke depannya dapat dipergunakan untuk melakukan pembayaran keperluan lainnya," jelasnya.

Melalui aplikasi Bajak Sambal Terasi, transparansi data pembayaran pajak dapat dilihat dan dipantau secara langsung. Jadi dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Endra menambahkan, tahun ini Pemkot Mojokerto kembali mengadakan undian berhadiah tiket umrah gratis dalam gebyar PBB bagi masyarakat yang taat membayar PBB melalui bank sampah. Rencananya kegiatan dilaksanakan pada November 2022.

Baca juga:
Uniknya Lomba Agustusan yang Digelar Diskopukmperindag Kota Mojokerto

"Atas pembayaran menggunakan bank sampah, kami juga memberikan reward berupa tiket umrah bersama dengan tiga kecamatan yakni Kecamatan Magersari, Kecamatan Kranggan dan Kecamatan Prajuritkulon," pungkasnya.

Dengan berbagai kemudahan dan manfaat membayar PBB, Endra mengimbau masyarakat Kota Mojokerto untuk membayar pajak tepat waktu.