Pixel Code jatimnow.com

Survei ARCI: Pasangan Khofifah-M Fawait Dilirik di Pilgub Jatim 2024

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Ni'am Kurniawan
Tangkapan layar survei ARCI.
Tangkapan layar survei ARCI.

Surabaya - Lembaga survei Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei tentang simulasi pasangan calon (paslon) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Hasilnya, 34,58 persen penduduk Jatim mengusung nama Gubernur Jatim saat ini Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait (Khofifah-M Fawait).

"Saat ini elektabilitas Khofifah Indar Parawansa masih dominan. Belum ada calon atau nama lain yang mendekati elektabilitas Khofifah. Untuk saat ini belum terkejar. Bahkan saat digandengkan dengan Fawait, angkanya cukup tinggi mencapai 35 persen," ujar Direktur ARCI Baihaki Siraijt, Rabu (20/7/2022).

Sementara persentase Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak dan Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah (Emil-Anik) berada diangka 15,08, Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf dan Mensos RI Tri Rismaharini (Gus Ipul-Risma) diangka 11 persen, dan tidak tau/tidak menjawab 39,33 persen.

Meski elektabilitas Khofifah tak tertandingi, hal itu masih menjadi kebimbangan warga Jatim sebelum memastikannya melanjutkan kontestasi sebagai Gubernur Jatim 2024. Selain itu, elektabilitas partai Gerindra di Jatim di tiga besar menempel PDIP dan PKB diprediksi bakal mendulang suara Khofifah ke depan. Faktor kedekatan antara Gerindra dengan NU menjadi faktor kepercayaan warga NU terhadap Gerindra.

"Gerindra mulai merangkak naik mendekati PDIP. Banyak faktor yang kami temukan di lapangan, salah satunya masifnya pengurus Gerindra turun ke daerah. Faktor lainnya juga memiliki Ketua dengan latar belakang NU (Anwar Sadad)," jelas Baihaki.

Terpisah, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait saat dihubungi mengaku tak menyangka atas partisipasi warga Jatim menjodohkan namanya dengan Khofifah dalam Pilgub 2024.

"Barakallah, kok bisa ya. Tentunya, ini semua tak terlepas dari kerja politik kader-kader Gerindra Jatim lainnya yang rajin turun ditengah warga Jawa Timur," ucap Bendahara DPD Gerindra Jatim itu.

Baca juga:
Khofifah Ajak Pramuka Jatim Gelorakan Pengabdian Tanpa Batas

Diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 25 Juni-10 Juli 2022. ARCI menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden. Survei ini memiliki margin of eror sebesar -+2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut simulasi Cagub-Cawagub Jatim versi ARCI:

Khofifah-Emil: 40,91 persen
Djarot Saiful Hidayat-Abu Bakar: 8,17 persen
Halim Iskandar-Irsyad Yusuf: 7,25 persen
Tidak menjawab/tidak mengetahui: 43,67 persen

Khofifah-M Fawait: 34,58 persen
Emil-Anik Maslachah: 15,08 persen
Saifullah Yusuf-Tri Rismaharini: 11 persen
Tidak menjawab/tidak mengetahui: 39,33 persen

Baca juga:
Soal Usulan Khofifah-Emil Jilid II, Partai di KIB Kompak Sentil Demokrat Jatim

Abdul Halim Iskandar-Irwan Setiawan: 6,58 persen
Tri Rismaharini-Sarmuji: 8,42 persen
Emi Dardak-Anwar Sadad: 17 persen
Tidak menjawab/tidak mengetahui: 68 persen

Pertanyaan terbuka, siapa Cagub-Cawagub Jatim 2022 yang dipilih masyarakat pada 2024 mendatang:

Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak: 21,67 persen
Saifullah Yusuf-Azwar Anas: 3,75 persen
Emil Elestianto Dardak-Eri Cahyadi: 6,83 persen
Tidak menjawab/tidak mengetahui: 67,75 persen