Pixel Code jatimnow.com

Ratusan Pembalap Ramaikan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022

Konferensi pers HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 di Malang (Foto: HIPMI Jatim/jatimnow.com)
Konferensi pers HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 di Malang (Foto: HIPMI Jatim/jatimnow.com)

Malang - Gelaran HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 Seri 1 dan 2 dipastikan siap digelar di kawasan Lawang, Malang, pada 22 sampai 24 Juli 2022.

Ajang adu kecepatan mobil bergengsi yang diselenggarakan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim itu bakal diikuti sekitar 150 peserta. Mereka telah berdatangan di Malang untuk persiapan dan melakukan pengenalan medan.

Ketua Umum BPD HIPMI Jatim, Rois Sunandar Maming bersyukur bahwa kegiatan yang berkolaborasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu bisa kembali dihelat setelah sekitar 5 tahun vakum.

"Kami juga bersyukur karena Jawa Timur menjadi lokasi seri pembuka Indonesia Sprint Rally 2022. Ini adalah momen untuk memasyarakatkan olahraga otomotif, serta menumbuhkan iklim sport tourism di Jawa Timur," kata Rois tertulis, Kamis (21/7/2022).

Menurut Rois, BPD HIPMI Jatim memiliki visi dan misi yaitu JatimAKSI (Amanah, Kolaborasi, Solutif dan Inklusif). Untuk itu, HIPMI siap berAKSI dengan berbagai pihak untuk meningkatkan potensi dan ekonomi lokal.

"IMI telah memberikan amanah kepada BPD HIPMI Jawa Timur dan Bintang Automotive. Untuk itu kami mengajak para pengusaha muda dan seluruh pihak untuk dapat ikut serta mendukung dan meramaikan kegiatan olahraga otomotif ini yang telah tertunda dua tahun karena Pandemi Covid-19," jelasnya.

HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 sendiri akan dipusatkan di Lawang, Malang. Start dan finish akan dilakukan di Puslatker TNI-AL Bedali, Lawang, Malang.

Panjang lintasan yang akan dilalui peserta mencapai sekitar 5,2 kilometer dengan kondisi jalan yang menantang, dengan pandangan persawahan, perkebunan dan pegunungan.

"Selain kegiatan inti sprint rally, pada rangkaian itu juga akan digelar bazaar UMKM dan hiburan rakyat. Tujuannya, selain mengenalkan sport tourism, juga mengangkat potensi UMKM masyarakat sekitar untuk sama-sama bangkit pasca pandemi," ujar Rois.

Baca juga:
Wagub Emil Apresiasi HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022

Selain diramaikan oleh pembalap dan tim rally nasional, BPD HIPMI Jatim juga akan menurunkan tim rally dari sejumlah anggota dan pengurus HIPMI Jatim. Selain HIPMI Jatim, Beberapa anggota BPD HIPMI se-Indonesia juga mengonfirmasi kehadiran dalam kejuaraan ini.

Dalam kejurnas ini, diadakan kelas khusus HIPMI yang memperebutkan Piala HIPMI. Beberapa anggota BPD HIPMI se-Indonesia sudah terkonfirmasi hadir dalam kejuaraan ini.

"Kegiatan rally ini selain untuk menyalurkan hobi, tapi diharapkan dampak dari kegiatan ini adalah bisa mengangkat destinasi wisata dan mendorong pengembangan UMKM. Jadi kami mengajak para pelaku UMKM di Jawa Timur ikut berperan dan menjadi bagian dalam rangkaian kegiatan selama tiga hari berlangsung," jelas Rois.

Ketua Pelaksana HIPMI Jatim Indonesia Sprint Rally 2022, Nagara Ardito menambahkan, event seri pembuka ini akan digelar dua putaran atau seri.

Seri pertama sebagai pembuka berlangsung pada Sabtu (23/7/2022). Dilanjutkan seri kedua keesokan harinya, Minggu (24/7/2022). Seri satu akan diikuti 120 peserta. Begitu pula di seri dua, sebanyak 120 peserta dijadwalkan untuk start dalam putaran tersebut.

Baca juga:
Bupati Malang Apresiasi HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022

"Seremoni pembukaan HIPMI Jatim Indonesia Sprint Rally 2022 akan berlangsung Jumat, 22 Juli 2022 sekaligus dilakukan scrutineering atau pemeriksaan kendaraan dilanjutkan dengan reconnaissance atau survei lintasan di sirkuit Puslatker TNI-AL Bedali, Lawang, Malang," terang Nagara.

Nagara menyebut bahwa event ini melombakan beberapa kelas, mulai M (sedan 4WD), F (sedan 2WD), R (RC), J (Jeep), serta kelas non Kejurnas, yakni Jeep sampai dengan 1000 cc, serta UTV dan Tubular.

Terkait tiket masuk, dia memastikan bahwa event tersebut adalah untuk memberikan kesempatan dan hiburan kepada masyarakat Jawa Timur, sehingga panitia tidak menarik penjualan tiket alias gratis.

"Jadi silakan datang dan melihat langsung aksi para pembalap. Kami juga menyiapkan live streaming di media sosial selama acara berlangsung," pungkasnya.