Pixel Code jatimnow.com

Pantai Kondang Merak, "Surga" Tersembunyi di Kabupaten Malang

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Rizal Adhi Pratama
Pantai Kondang Merak.(Foto: Rizal Adhi Pratama)
Pantai Kondang Merak.(Foto: Rizal Adhi Pratama)

Malang - Pantai Kondang Merak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, mulai memperlihatkan geliatnya setelah meredanya Pandemi Covid-19. Ratusan wisatawan memadati pantai menawan ini setiap libur akhir pekan. Wisata Pantai Kondang Merak menyediakan paket lengkap mulai dari wisata alam sampai kuliner khas desa nelayan yang ada di sana.

Untuk menuju Wisata Pantai Kondang Merak, pengunjung harus menempuh perjalanan ekstra keras melewati rute berbatu setelah keluar dari Jalur Lintas Selatan. Namun semuanya akan terbayarkan setelah tiba di lokasi. Kondang Merak memiliki daya tarik pada gugusan tebing yang mengitari pantai. Suasana akan semakin cantik saat sang surya naik di pagi hari.

Satu lagi yang menarik dari Pantai Kondang Merak adalah wisata kulinernya yang terkenal sampai luar kota. Sejumlah kedai makanan laut berjajar dan siap memanjakan lidah penikmatnya. Pengunjung bisa memesan meja dan kursi yang menghadap ke pantai. Sangat spesial menikmati aneka kuliner seperti tongseng gurita sampai aneka lobster di sore hari.

"Saya pesan gurita goreng, harganya cuma sekitar Rp50 ribu seporsi. Tapi ini sangat banyak sekali bisa buat 2-5 orang," terang Erwin, salah satu pengunjung asal Pasuruan yang kebetulan ditemui, Jumat (22/07/2022).

Erwin datang ke Kondang Merak bersama kekasihnya. Ia cuti hari raya yang tidak sempat diambil sebelumnya.

Baca juga:
Sehari Jalan-jalan di Destinasi Wisata Kabupaten Mojokerto

"Saya pilih Kondang Merak ya karena di sini lengkap. Ada pantai, ada kuliner, lihat desa nelayan ada, akses internet masih bisa. Mungkin cuma jalan ke sini ya yang harus lebih diperbaiki, soalnya kan pantai-pantai lain seperti Balekambang dan lainnya sudah mulai bagus jalannya," sambungnya.

Menurut Erwin, Pantai Kondang Merak enak dikunjungi. Sebab sepi jika belum memasuki akhir pekan atau musim liburan.

Baca juga:
Kepedulian Membangun Pujiharjo Menjadi Desa Wisata Mandiri di Malang

"Sengaja pilih sehari sebelum akhir pekan ya biar nggak terjebak macet. Kalau masih sepi begini kan enak buat bersantai," tegasnya.

Pantai Kondang Merak buka sejak pukul 07.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB. Tiket masuk menuju pantai cuma Rp10 ribu, belum termasuk parkir. Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Pantai Kondang Merak, disarankan tetap membawa masker dari rumah dan mentaati protokol kesehatan.