Pixel Code jatimnow.com

Mengenal Skuad Cuaca Cerah, Para Srikandi Cantik BPBD Kota Surabaya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Salah satu personel Skuad Cuaca Cerah BPBD Kota Surabaya (Foto-foto: Niam Kurniawan/jatimnow.com)
Salah satu personel Skuad Cuaca Cerah BPBD Kota Surabaya (Foto-foto: Niam Kurniawan/jatimnow.com)

Surabaya - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya ternyata memiliki para srikandi cantik yang tergabung dalam Skuad Cuaca Cerah. Siapa dan apa saja tugas mereka?

Skuad ini berisikan sekitar 31 anggota, tentunya, dengan personel perempuan. Skuad dibentuk oleh Kepala BPBD Kota Surabaya, Ridwan Mubarun.

Salah satu personel dalam skuad itu adalah Ifa Mariati Sholiha (33). Dia sudah dua tahun mendedikasikan diri untuk melayani masyarakat Surabaya. Meski begitu, tugas di lapangan itu tidak melunturkan kecantikan Ifa-sapaan akrabnya.

"Aktivitas mereka fokus pada penanganan bencana di Surabaya, mulai dari banjir hingga melakukan penyelamatan warga," terang Ridwan kepada jatimnow.com, Jumat (22/7/2022).

Salah satu personel Skuad Cuaca Cerah BPBD Kota Surabaya saat bertugas di lapanganSalah satu personel Skuad Cuaca Cerah BPBD Kota Surabaya saat bertugas di lapangan

Tidak hanya kebencanaan saja, Skuad 'Cuaca Cerah' juga biasanya diperbantukan untuk pendampingan korban kecelakaan, pendampingan terhadap keluarga, hingga melakukan trauma healing.

"Penanganan banjir, sosialisasi protokol kesehatan, hingga pendampingan pada keluarga korban kecelakaan," sambung Ifa.

Ibu dua anak itu menjelaskan, selama bertugas di BPBD Kota Surabaya, ia mendapat beragam pengalaman di lapangan. Bahkan sampai-sampai tidak ada waktu untuk bersolek lebih hingga merawat tubuh seperti perempuan pada umumnya.

Kok bisa tetap cantik? Ifa mengaku, rahasianya adalah rajin mandi sebelum subuh, dilanjutkan dengan Salat Tahajud setiap malam.

Skuad Cuaca Cerah BPBD Kota Surabaya dalam sebuah acaraSkuad Cuaca Cerah BPBD Kota Surabaya dalam sebuah acara

Baca juga:
Melihat Simulasi Penanganan Bencana yang Digelar BPBD Surabaya di Rusunawa Sombo

"Saya pernah lihat di medsos kalau ingin awet muda itu mandi sebelum subuh, sering-sering Salat Tahajud, itu saja. Kalau makanan saya biasa saja, apa aja, gorengan ya los," jelas wanita yang sehari-hari tinggal di kawasan Kalibutuh Barat gang 4, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya itu.

Dua tahun mengabdi untuk Kota Pahlawan, Ifa kini telah dipercaya sebagai komandan regu (danru), yang membawahi 21 anggota. Sehari-hari, dia bersama skuadnya sering terjun di kawasan Alun-alun dan Tunjungan Romansa.

Selain Ifa, ada personel lain bernama Tania Afida Wijayanti (24). Ibu muda yang sudah memiliki satu anak ini sehari-hari tinggal di Tambak Segaran Wetan, Tambaksari, Surabaya.

Salah satu personel Skuad Cuaca Cerah BPBD Kota SurabayaSalah satu personel Skuad Cuaca Cerah BPBD Kota Surabaya

Wanita yang telah 5 tahun mengabdikan diri untuk Surabaya itu masih tetap cantik, meski sehari-hari terjun ke lapangan di bawah terik matahari. Menurut Tania, kecantikan yang ia memiliki bukan ia dapat dari perawatan diri.

Baca juga:
Dikira Bangkai Kucing, Ternyata Orok Bayi di Selokan Jemur Ngawinan Surabaya

"Saya nggak merasa cantik kok, saya merasa cukup, cukup untuk dipandang saja, hehe. Ya Alhamdulillah saja, bersyukur saja," tutur Tania.

Tania mengaku tak banyak melakukan perawatan untuk tubuh. Karena selain dalam Skuad Cuaca Cerah, dirinya juga tergabung dalam Skuad Petir yang memiliki tugas siaga bantuan.

"Perawatan nggak ada, makanan khusus juga nggak ada, saya rajin olahraga," ucap Tania.

Skuad Cuaca Cerah BPBD Kota Surabaya saat berseragam LinmasSkuad Cuaca Cerah BPBD Kota Surabaya saat berseragam Linmas