Pixel Code jatimnow.com

Pembalap asal Kota Batu Berjaya di Kejurnas Downhill

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Atlet sepeda downhill Kota Batu (Foto: KONI Kota Batu for jatimnow.com)
Atlet sepeda downhill Kota Batu (Foto: KONI Kota Batu for jatimnow.com)

Kota Batu - Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Batu berjaya di kejuaraan nasional (kejurnas) atau Indonesia National Championship 2022 di Banyuwangi, 23 hingga 24 Juli 2022.

Dari 6 atlet yang dikirim, empat di antaranya mendapatkan medali. Harapannya, raihan itu bisa memuluskan langkah atlet tersebut untuk bergabung dengan Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Di hari pertama, di nomor Enduro kategori Men Youth, atlet ISSI Kota Batu Obby Aditya meraih medali perunggu. Hari kedua, atlet ISSI Kota Batu memborong tiga medali di nomor downhill.

Andhien Rahmadani meraih medali perunggu di kategori Women Youth, Pandu Satrio Perkasa meraih medali emas kategori Men Youth dan Hildan Afosma Katana meraih medali emas nomor Men Elite.

Dalam balapan yang dilaksanakan di lintasan Bike Park Banyuwangi, di nomor Men Elite, Afos mengakhiri race dengan catatan waktu 2 menit 49,97 detik.

Disusul M Abdul Hakim pembalap dari Jawa Tengah yang mendapatkan catatan waktu 2 menit 53,17 detik dan di posisi ketiga Rendy Farera Sanjaya pembalap dari klub Patrol Mountain di posisi ketiga dengan catatan waktu 3 menit 53,52 detik.

Kejayaan yang sama dikibarkan oleh Pandu Satrio Perkasa di kategori Men Youth menjadi jawara setelah meraih catatan waktu tercepat dengan 3 menit, 8,88 detik.

Disusul Adam Muhammad Akbar ISSI Kabupaten Jember dengan catatan waktu 3 menit 12,81 detik dan diposisi ketiga Achmad Pandu Wijaya dari ISSI Kepri dengan catatan waktu 3 menit 12,92 detik.

Baca juga:
Ananda Rigi Aditya, Crosser Asal Lamongan Tampil di Kejuaraan Dunia

Pembalap wanita Kota Batu, Andhien Rahmadani yang dalam Porprov Jatim VII Tahun 2022 meraih medali perunggu, dalam kejurnas ini, dengan kondisi tangan yang sudah mulai membaik, kembali meraih medali perunggu.

"National Championship adalah event yang sangat ditunggu-tunggu oleh atlet seluruh Indonesia khususnya MTB Downhill karena setiap rider yang menjadi juara di event ini kemungkinan besar mendapatkan golden tiket untuk menjadi timnas," terang Pelatih ISSI Kota Batu, Afos Katana, Senin (25/7/2022).

Karena itu, jauh hari Afos bersama Atlet ISSI Kota Batu sudah menyiapkan event ini. Dirinya pun optimis para atlet sudah siap untuk bertanding.

"Mereka memiliki kualitas fisik yang bagus dan siap untuk bertanding. Kita memang menargetkan semua medali dari semua kelas yang kita ikuti," ujar Afos yang juga atlet ini.

Baca juga:
Mario Aji Cetak Rekor di Moto3 Italia 2022, Khofifah: Prestasi Terbaik

Raihan ini memberikan kegembiraan warga Kota Batu dan orangtua atlet, seperti yang disampaikan oleh Awang Aris, orangtua Andien.

"Alhamdulillah, anak saya kembali meraih medali perunggu. Gadis saya benar-benar comeback. Semoga bisa membuka jalan Andine kedepannya bisa lebih baik lagi," ungkap dia.

Terlebih Andien sempat absen dari beberapa kali kejuaraan karena mengalami patah tulang tangan. Bahkan ia nyaris tidak bisa mengikuti Porprov Jatim VII Tahun 2022.

"Namun karena kondisi membaik, akhirnya ia bisa mengikuti Porprov dan kejurnas kali ini," tandasnya.