Pixel Code jatimnow.com

Tabligh Akbar di Sidoarjo yang Dihadiri Ustaz Hanan Attaki Dibatalkan

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Achmad Supriyadi
Ustaz Hanan Attaqi. (Foto: Ivosh Nailfauza for jatimnow.com)
Ustaz Hanan Attaqi. (Foto: Ivosh Nailfauza for jatimnow.com)

Sidoarjo - Tabligh Akbar Konser Langit yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 Juli 2022 di Masjid Nurul Iman Taman Dhika Sidoarjo dibatalkan.

Tabligh akbar yang sejatinya akan digelar dalam rangka Festival Muharram 1444H itu dibatalkan untuk menjaga ukhuwah Islamiyah karena ada sejumlah keberatan dari organisasi kemasyarakatan maupun Bakesbangpol Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berkaitan dengan pembicara utama Konser Langit yakni Ustaz Hanan Attaki.

Sesuai surat rekomendasi dari ormas dan Bakesbangpol, pembatalan kegiatan Konser Langit tersebut juga meliputi rangkaian kegiatan Festival Muharram 1444H Masjid Nurul Iman Taman Dhika.

Yakni bazaar UMKM, pawai anak sholeh, sharing session pelaku hijrah, medical check-up gratis dan donor darah, cooking class, workshop food fotografi untuk pelaku UMKM, lomba mewarnai untuk anak, kajian parenting, dan lomba tahfidz anak.

Panitia Festival Muharram ikhlas dengan pembatalan rangkaian kegiatan Konser Langit dan Festival Muharram 1444H. Pihaknya menilai hal tersebut sebagai ujian kesabaran.

"Panitia dan Dewan Kemakmuran Masjid Nurul Iman Taman Dhika akan tetap menjalin silaturahim dengan tokoh-tokoh agama dan pemerintah daerah untuk terus memperkuat ukhuwah," kata Ketua Panitia Festival Muharram Ivosh Nailfauza dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (26/7/2022).

Hingga pembatalan, jumlah peserta yang mendaftar untuk mengikuti rangkaian acara Festival Muharram 1444H dan Konser Langit telah mencapai 1.500 orang.

Baca juga:
Pandangan MUI Soal Penolakan Hanan Attaki di Berbagai Daerah

Panitia juga akan berkomunikasi dengan seluruh sponsor dan peserta bazaar untuk mempersiapkan bentuk kegiatan dakwah lainnya.

Panitia juga menegaskan bahwa Konser Langit dan seluruh rangkaian kegiatan Festival Muharram 1444H Masjid Nurul Iman Taman Dhika sejatinya bersifat inklusif dan tidak memfasilitasi pihak-pihak yang melanggar hukum dan peraturan pemerintah.

"Festival Muharram sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan Masjid Nurul Iman Taman Dhika yang digagas sejak 2019 dengan menghadirkan tokoh-tokoh dan da'i nasional," pungkasnya.

Baca juga:
GP Ansor Jatim Buka Suara soal Penolakan Hanan Attaki di Berbagai Daerah

Dalam klarifikasinya, ustaz Hanan Attaki telah menyatakan bahwa dirinya bukan eks anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan tuduhan tersebut fitnah semata. Dirinya alumnus Ponpes Ruhul Islam Banda Aceh dan lulus dari jurusan Tafsir Alquran di Universitas Al-Azhar Kairo.

Karena itu, ia berakidah Asy'ari dan mengambil mazhab Imam Syafi'i (ahlussunnah wal jama'ah), sehingga tidak ada kaitan sama sekali dengan organisasi terlarang HTI, baik sebagai struktural maupun simpatisan.

Untuk menegakkan ukhuwah islamiyah dan kesinambungan dakwah, panitia mengimbau agar seluruh pihak untuk mengedepankan tatsabbut (berhati-hati) dan tabayyun (klarifikasi) dalam menerima informasi dan memutuskan perkara.