Pixel Code jatimnow.com

Gali Potensi, Pemkab Lamongan Organisir Kelompok Nelayan PUD

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Perahu para nelayan perairan umum dan darat di Lamongan. (Foto: Dok. Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Perahu para nelayan perairan umum dan darat di Lamongan. (Foto: Dok. Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Pemerintah Kabupaten Lamongan melirik sektor perairan umum dan darat (PUD) untuk dikembangkan. Rencana akan dilakukan pembentukan kelompok nelayan sektor tersebut.

Sejauh ini, Dinas Perikanan Lamongan belum memaksimalkan PUD dan fokus pada keberlangsungan aktifitas kelompok nelayan laut yang berada di Kecamatan Paciran dan Brondong.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, Hendro Setyo Budi mengungkapkan pihaknya masih membaca data dimana potensi PUD berada.

"Selama ini PUD belum tergarap karena masih menggali potensi, seperti kecamatan-kecamatan yang potensi ada PUDnya serta daerah-daerah tertentu itu kelompoknya belum terbentuk," ujarnya, Rabu (27/7/2022).

Baca juga:
Pemkab Lamongan Alokasikan Rp7,35 Miliar untuk Beasiswa 7.230 Pelajar

Dari data yang dihimpunnya, kelompok nelayan PUD yang telah terorganisir hanya berada di 7 kecamatan 27 kecamatan di Lamongan. Padahal, kata Hendro, jumlah nelayan PUD banyak dengan hanya terdapat 42 kelompok nelayan.

Intervensi pada PUD ini akan memudahkan pembinaan hingga penyaluran bantuan dana hibah.

Baca juga:
Peringati Malam 17an, Tiga Pilar Lamongan Gelar Salat Hajat hingga Doa Bersama

"Untuk embung, hibah pertama yang bisa didapat oleh kelompok biasanya berupa restocking karena untuk menjaga ekosistem perairan darat," terangnya.

Dalam hal ini, Hendro pun berharap kedepannya bagi yang memiliki embung segera membentuk sebuah kelompok. Sehingga, embung tersebut dapat menjadi ekowisata dan kedepannya Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan dapat masuk dalam melakukan pembinaan lebih lanjut.