Pixel Code jatimnow.com

Latah, Fenomena Citayam Fashion Week Juga Melanda Jember

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Dwi Kuntarto Aji
Cowok berlenggok di traffic light Argopuro Jember. (Foto: WhatsApp grup)
Cowok berlenggok di traffic light Argopuro Jember. (Foto: WhatsApp grup)

Jember - Fenomena Citayam Fashion Week membuat beberapa daerah mulai mengikuti trend tersebut, termasuk di Jember. Beredar foto pemuda sedang berjalan di zebra cross, yang diduga dilakukan di traffic light Argopuro Jember.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jember Harry Agustriono mengatakan, dengan adanya Citayam Fashion Week euforianya juga terjadi di beberapa daerah salah satunya di sekitar Jalan Tunjungan Surabaya.

"Hal ini merupakan bentuk ekspresi kreatifitasnya bagi mereka yang ingin menunjukan karya seninya," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (27/2022).

Di Jember, ia mengaku mendapat informasi tersebut namun belum mengecek ke lokasi, apakah benar adanya. Namun jika ingin mengadopsi Citayam Fashion Week sendiri tidak akan dibatasi, tetapi harus mengutamakan beberapa hal.

"Ia ada fotonya, dan ada lokasi yang bertuliskan The Argopuro, itu benar atau hanya iseng saya belum tahu. Kalau mau berekspresi tentang karya seninya diperbolehkan, tetapi harus sesuai dengan norma dan adab serta kultur di Jember," imbuhnya.

Dirinya juga mengaku mendapatkan informasi bahwa sudah mulai muncul ajang seperti Citayam Fashion Week di jalan-jalan protokol.

Baca juga:
Atasi Konflik Sosial di Jember, Khofifah Minta Perhutani Buka Data Lahan Kopi

"Jika mereka menggunakan zebra cross sebagai ajang penampilan ekspresinya, maka harus diketahui dan dipahami bahwa fungsi tersebut untuk pengguna jalan," tuturnya.

Maka alangkah baiknya untuk penyampaian ekspresi ini bisa dilakukan di tempat yang lebih aman dan tidak mengganggu pengguna jalan.

"Jangan sampai ingin berekspresi malah menjadi insiden yang tidak diinginkan, nanti yang mau bertanggung jawab siapa?" tanyanya.

Baca juga:
Polisi Tetapkan 9 Tersangka Kerusuhan di Desa Mulyorejo Jember, Ini Motifnya

Harry menegaskan, untuk masyarakat Jember yang ingin berekspresi seperti Citayam Fashion Week bisa menggunakan ruang-ruang yang lebih aman.

"Seperti di ruang terbuka hijau (RTH) di kecamatan atau menggunakan tempat lain agar tidak mengganggu pengguna jalan," pungkasnya.