Pixel Code jatimnow.com

17 Tahun Dermaga di Pagerungan Sumenep Tak Terbangun, Ternyata ini Kendalanya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Fathor Rahman
Kepala UPP Sapeken melakukan kunjungan ke Pulau Pagerungan Besar, Sapeken, Sumenep (Foto: Sahbandar Sapeken for jatimnow.com)
Kepala UPP Sapeken melakukan kunjungan ke Pulau Pagerungan Besar, Sapeken, Sumenep (Foto: Sahbandar Sapeken for jatimnow.com)

Sumenep - Belum terealisasinya pembangunan dermaga di Pulau Pagerungan Besar, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, ternyata dipicu beberapa kendala.

Padahal, Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Sapeken sudah berusaha mengajukan pembangunan dermaga baru-baru ini.

Kepala UPP Sapeken, Edi Kuswanto menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengusulkan pembangunan dermaga itu. Namun, usulan itu masih terkendala pembebasan lahan.

"Kita sudah mengusulkan pembangunan ke pemerintah pusat," jelas Edi, Rabu (27/07/2022).

Baca juga:
17 Tahun Menanti Realisasi Rencana Pembangunan Dermaga di Pagerungan Sumenep

Edi menjelaskan, untuk pembangunan dermaga itu memang harus dilakukan pembebasan lahan. Dan sampai saat ini masih belum selesai. Sehingga belum ada titik trestel untuk dilakukan pembangunan.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep. Sebab pembebasan lahan adalah kewenangan pemerintah daerah. Direncanakan, pembebasan lahan dimulai tahun ini.

Baca juga:
Tanpa Dermaga, Kapal Perintis Jemput Penumpang di Tengah Laut Pagerungan Sumenep

"Pembebasan tanah menjadi tanggung jawab kabupaten. Baru setelah selesai menindaklanjuti pengusulan pembangunan dermaga ke Kemenhub," papar dia.

Edi menambahkan, di Pagerungan Besar memang perlu dibangun dermaga yang representatif. Sebab potensi aktivitas warga cukup bagus. Pihaknya berjanji turut mendukung adanya dermaga untuk kenyamanan masyarakat.