Pixel Code jatimnow.com

Sempat Erupsi, Gunung Raung Terpantau Kembali Normal

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Rony Subhan
Gunung Raung dipotret dari Dusun Gumuk Candi, Desa Songgon.(Foto: Dok.  warga Desa Songgon)
Gunung Raung dipotret dari Dusun Gumuk Candi, Desa Songgon.(Foto: Dok. warga Desa Songgon)

Banyuwangi - Gunung Raung mengalami erupsi dan 4 kali mengeluarkan letusan pada Rabu (27/7/2022) sekitar pukul 17.18 WIB. Kini, Gunung Raung dikabarkan kembali normal.

“Untuk hari ini, Gunung Raung terpantau landai tidak ada erupsi. Tidak ada aktivitas yang signifikan, hanya termo menerus seperti biasanya,” uangkap petugas Pos Pemantau Gunung Raung (PPGR) Mukijo, Kamis (28/7/2022) pagi.

Erupsi Gunung Raung menimbulkan hujan abu. Tidak hanya di Banyuwangi, tapi hujan abu juga terjadi di Barat Gunung Raung yaitu Kabupaten Jember.

“Kami mendapat beberapa laporan ada abu turun. Itu di daerah Jember Timur, kususnya di daerah Gunung Malang. Banyuwangi sendiri belum ada laporan yang masuk karena saat erupsi asapnya mengarah ke Barat Laut,” Jelas Mukijo.

Baca juga:
Gunung Raung Berstatus Waspada, 4 Kecamatan di Banyuwangi Rawan Terdampak

Sementara itu Wawan (46), warga Dusun Gumuk Candi, Desa Songgon, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, mengungkapkan bahwa pagi ini Gunung Raung tidak mengeluarkan asap.

“Pagi ini gunung tidak mengeluarkan asap. Hawa hangat juga sudah tidak ada dan abu sama sekali tidak ada,” ungkap Wawan.

Baca juga:
Lahan Pertanian di Jember Terdampak Abu Vulkanik Erupsi Gunung Raung