Pixel Code jatimnow.com

Bongkar Sindikat Benur hingga Ilegal Fishing, Tim Gakkum-Patroli Diganjar Reward

Editor : Arina Pramudita Reporter : Zain Ahmad
Tim Subdit Gakkum dan Patroli hingga staf saat mendapat penghargaan dari Dirpolairud Polda Jatim. (Foto: Zain Ahmad/jatimnow.com).
Tim Subdit Gakkum dan Patroli hingga staf saat mendapat penghargaan dari Dirpolairud Polda Jatim. (Foto: Zain Ahmad/jatimnow.com).

Surabaya - Tim Subdit Gakkum pengungkap sindikat peredaran benih lobster (benur) ilegal jaringan internasional, dan Tim Patroli pengungkap ilegal fishing hingga staf yang setia mengabdi di Ditpolairud Polda Jatim diganjar penghargaan, Kamis (28/7/2022).

Total ada sebanyak 13 anggota yang mendapat penghargaan, enam di antaranya dari Subdit Gakkum, 5 dari anggota patroli, dan 2 dari staf.

"Para anggota yang kami ganjar penghargaan ini karena pengabdian dan loyalitasnya terhadap institusi. Dari Tim Subdit Gakkum kami berikan penghargaan atas keberhasilan membongkar sindikat penjualan benur ilegal jaringan internasional. Kemudian dari Tim Patoli karena berhasil menangkap pelaku illegal fishing. Sementara lainnya karena pengabdian," kata Dirpolairud Polda Jatim, Kombes Pol Puji Hendro Wibowo usai memberikan penghargaan.

Puji menuturkan, sebuah keorganisasian yang dianggap bagus manakala mampu menerapkan menajemen keorganisasian secara baik untuk mencapai sebuah tujuan. Mulai dari tahapan perencanaan, pengorganisasian, hingga tahapan pelaksanaan tugasnya.

Untuk menjaga rantai sistem manajemen tersebut dapat bergerak secara kompak, perlu adanya mekanisme pemberian hukuman dan penghargaan (reward and punishment) secara jelas.

"Ada perencanaan di situ, ada koordinasinya, dalam pelaksanaannya, dan tentunya ada reward dan punishment yang tersistem secara jelas," ujarnya.

Pemberian penghargaan terhadap para anggota Ditpolairud Polda Jatim ini, tidak hanya diberikan kepada anggota Subdit Gakkum semata, juga yang melakukan upaya penangkapan dan penegakkan hukum setiap kejahatan yang beroperasi di kawasan perairan Jatim.

Ia berharap, di masa mendatang, pemberian penghargaan atas kinerja institusi juga dapat diberikan kepada anggota satuan kerja yang lain, bahkan terhadap staf yang bertugas di lingkungan Ditpolairud Polda Jatim.

Bukan dilihat pada aspek keberhasilannya dalam melakukan penegakkan hukum, penangkapan ilegal fishing layaknya tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari Subdit Gakkum.

Baca juga:
Berkomitmen Majukan UMKM Trenggalek, Mas Ipin Raih Penghargaan dari Menkop RI

Para staf juga dapat diganjar penghargaan dari aspek loyalitasnya dalam membawa institusi Ditpolairud Polda Jatim untuk berpartisipasi dalam sejumlah momen kegiatan kemasyarakatan yang bersifat positif dan berorientasi pada terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Misalnya, kemarin melakukan penyelaman di Situbondo, melibatkan bendera merah putih bergabung dengan komunitas diving seluruh Jawa Timur," ungkapnya.

Puji mengaku telah menginstruksikan kepada wakil Direktur (Wadir) Ditpolairud Polda Jatim beserta kepala satker jajarannya untuk senantiasa memberikan penilaian kinerja secara objektif terhadap para anggotanya.

Sehingga diharapkan dengan semangat loyalitas sebagai anggota Ditpolairud Polda Jatim, semua anggota dan staf jajaran dapat berperan penting untuk mengharumkan nama institusi agar senantiasa dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

"Dengan cara ini nanti akan terbedakan mana rekan-rekan yang berprestasi mana yang rekan rekan ini yang biasa-biasa saja. Ini ada perbedaan. Jadi ada penilaian," tandas alumni Akpol 1996 tersebut.

Baca juga:
Bank Jatim Raih Penghargaan Corporate Reputation Awards 2022

Pemberian penghargaan bagi Tim Subdit Gakkum pengungkap sindikat peredaran benih lobster.Pemberian penghargaan bagi Tim Subdit Gakkum pengungkap sindikat peredaran benih lobster.

13 anggota Ditpolairud Polda Jatim yang diganjar penghargaan, yakni Tim Subdit Gakkum pengungkap sindikat peredaran benih lobster (benur) ilegal jaringan internasional adalah Kanit I SI Intelair Subdit Gakkum AKP I Wayan Mulyana, Banit SI Intelair Subdit Gakkum Aipda Singgih Sugiarto, Banit SI Intelair Subdit Gakkum Aipda Darsono, Banit SI Intelair Subdit Gakkum Bripka Dedy Erwanto, Banit SI Intelair Subdit Gakkum Brigpol Hendra Yudha dan Banit SI Intelair Subdit Gakkum Briptu Eko Wahyu Purnomo.

Tim Patroli yang berhasil menangkap sindikiat pelaku illegal fishing adalah Komandan Kapal Polisi (KP) X-2005 Aipda Suhariyono, ABK Pol X-2005 Bripka Edy Setiawan, ABK Pol X-2005 Bripka Sukolik, ABK Pol X-2005 Bripka Tony Hendi Saputra dan ABK Pol X-2005 Bripka Sucipto.

Sementara 2 orang staf yang diberi penghargaan karena pengabdian dan loyalitasnya terhadap institusi, yakni PS Panit Sipatwalairud Aiptu Joko dan Banum Subdit Gakkum Briptu Dewi Kristanti Dharma Putri.