Pixel Code jatimnow.com

Menjajal PETRAVERSE, Fasilitas Kuliah UK Petra yang Inovatif

Editor : Arina Pramudita Reporter : Farizal Tito
Laboratorium PETRAVERSE UK Petra. (Foto: Humas UK Petra/jatimnow.com)
Laboratorium PETRAVERSE UK Petra. (Foto: Humas UK Petra/jatimnow.com)

Surabaya - Universitas Kristen (UK) Petra meresmikan laboratorium inovasi terkini dan sebuah program Learning Management System (LMS) gamification yang dinamakan PETRAVERSE.

Ketua Tim Petra Digital Institute UK Petra Dr. Felix Pasila, Petraverse adalah wujud keseriusan UK Petra untuk terus berinovasi menyiapkan metode pendidikan baru yang berkelindan dengan teknologi.

"Tujuannya semakin banyak sumber daya manusia Indonesia yang menjadi pembelajar sepanjang hayat. Bekerja sama dengan beberapa Startup Teknologi Indonesia menjadikan PETRAVERSE inovasi dunia pendidikan hasil karya anak bangsa," ungkapnya usai peresmian di gedung W lantai 3 kampus UK Petra, Kamis (28/7/2022).

Modul PETRAVERSE sendiri menyediakan sistem pembelajaran asinkronus secara digital dengan 4 konsep yaitu Virtual Novel, Komik Interaktif, Role-Playing Game dan Virtual Reality.

"LMS di PETRAVERSE sangat unik dan interaktif. Menerapkan metode gamifikasi dengan teknologi imersif mulai dari Faction, Leaderboard hingga Skill card," bebernya.

Terdapat sembilan kepribadian dalam PETRAVERSE, yakni para pemain harus melewati test terlebih dahulu yang dikerjakan hanya dalam 12 menit saja.

"Cukup menjawab 54 pertanyaan singkat maka karakter terpilih bisa dimainkan. Kepribadian yang ingin dimunculkan para pemain bisa berganti setelah mengalami proses pembelajaran modul digital di PETRAVERSE," jelasnya.

Baca juga:
Tim P2MW Untag Surabaya Ikuti Pembinaan Literatur Jurnal Penguat Produk

Sembilan kepribadian ini adalah The Scholar (Growth, Self-evaluation, Teamwork), The Ambassador (Managing emotion, Humility, Communication), The Director (Creativity & Innovation, Leadership, Communication), The Strategist (Spirituality, Administration, Integrity), The Warrior (Communication, Leadership, Teamwork), The Healer (Managing Emotion, Creativity & Innovation, Integrity), The Counselor (Spirituality, Love, Interpersonal Skill), The Steward (Managing Emotion, Leadership, Communication) dan The Sage (Spirituality, Humility, Love).

Felix mengatakan mata kuliah tersebut rata-rata setara dengan bobot 2 SKS. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tak hanya itu saja, PETRAVERSE juga menyampaikan tes dalam bentuk permainan.

Selain itu hasil tes yang diukur dalam PETRAVERSE ini akan berbentuk skor pada 13 kemampuan umum yang bisa berguna untuk pekerjaan di masa depan.

Baca juga:
Mahasiswa di Surabaya Ciptakan Body Cream Berbahan Dasar Biji Buah Delima

“Semoga dengan hadirnya PETRAVERSE ini maka para mahasiswa akan memahami materi dengan lebih fun dan interaktif," tandas Felix.

PETRAVERSE telah diujicobakan kepada mahasiswa semester 5 dan 6. Sementara total ada 10 mata kuliah saat ini yaitu Pancasila, kalkulus, soft skills test, Bahasa Inggris, agama, pajak, technopreneurship, akuntansi manajemen, virtual reality technology, keselamatan dan kesehatan kerja.

“Merasa belajar lebih menyenangkan, karena ada alur ceritanya, bisa lebih mudah memahami materi, meskipun berupa hitungan, karena dijelaskan secara detail mengenai perhitungan yang ada di modul," tandas mahasiswa Business Management Program UK Petra, Stella R. Gomaz.