Pixel Code jatimnow.com

Tur Keliling Jatim, Mbak Arumi Sosialisasikan Pentingnya Konsumsi Ikan

Editor : Arina Pramudita Reporter : Ni'am Kurniawan
Momen kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) oleh Ketua Forikan Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak. (Foto: Humas Pemprov Jatim/jatimnow.com)
Momen kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) oleh Ketua Forikan Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak. (Foto: Humas Pemprov Jatim/jatimnow.com)

Lumajang - Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) terus dilakukan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak di berbagai kabupaten/kota di Jatim.

Bertempat di halaman SDN Kalibendo 01 Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Mbak Arumi menyosialisasikan pentingnya kebiasaan makan ikan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Bahkan dapat menjadi upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Lumajang.

Peserta sosialisasi didominasi kaum ibu beserta anak-anak sekolah kelas 1-6 tingkat Sekolah Dasar (SD), yang diharapkan menjadi lebih paham dan sadar berbagai manfaat mengkonsumsi ikan.

"Hari ini bunda datang, kasih tahu ke semuanya bahwa salah satu pilihan makanan paling bergizi adalah ikan. Gizi yang biasanya ada di ikan, sangat bagus untuk pertumbuhan otak adik-adik semuanya," tutur Arumi, Jumat (29/7/2022).

Arumi menyebut kandungan Omega 3 dan Zat Besi yang banyak terkandung di dalam ikan, bagus dikonsumsi oleh anak-anak di masa pertumbuhan. Tujuan utamanya adalah pencegahan gizi buruk yang bisa menjadi salah satu penyebab stunting.

Ikan memang diketahui bisa menjadi opsi pemenuhan kebutuhan protein yang terjangkau bagi masyarakat. Ikan memiliki range harga yang lebih variatif. Dari yang murah sampai dengan mahal.

"Mungkin ada beberapa harganya yang lebih terjangkau, tapi bukan berarti lebih murah gizinya lebih jelek, bukan," ucap Ketua TP PKK Jawa Timur itu.

"Misalnya ikan patin. Nah, ikan patin ini bagus banget buat perkembangan adik-adik dan juga orang tua," imbuhnya.