Pixel Code jatimnow.com

Viral Aksi Pak Tekad, Kayuh Sepeda Angin dari Bojonegoro Menuju Makkah

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Misbahul Munir
Sepeda angin Pak Tekad, warga Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro yang dikayuh menuju Makkah (Foto: Tangkapan layar video/jatimnow.com)
Sepeda angin Pak Tekad, warga Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro yang dikayuh menuju Makkah (Foto: Tangkapan layar video/jatimnow.com)

Bojonegoro - Aksi seorang pria bernama Tekad, asal Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro menempuh perjalanan menuju Makkah dengan mengayuh sepeda angin, viral di media sosial (medsos).

Dalam postingan video salah satu akun Instagram, tampak Tekad sedang mengayuh sepeda angin dengan membawa rengkek (keranjang) di bagian belakang dan bak di atasnya yang berisi perbekalan.

Juga tertancap bendera Thailand di bagian stang, bendera Malaysia dan Indonesia di bagian belakang. Selain itu, terdapat pula tulisan 'From Bojonegoro Indonesia to K.S.A/Makkah' yang terpampang di bagian belakang.

Dalam postingan itu disebut bahwa Tekad telah melakukan perjalanan selama 70 hari dan telah sampai di Thailand.

"Seorang warga Dander bernama Tekad nekad menaiki sepeda ontelnya, mengayuh dari Bojonegoro menuju ke Mekkah Arab Saudi. Beliau telah menempuh perjalanan selama sekitar 70 hari dan saat ini telah sampai di Thailand," tulis akun @berita_bojonegoro2 seperti dilihat jatimnow.com, Jumat (29/7/2022).

Oleh pemosting, warganet diajak mendoakan Tekad, agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan hingga sampai ke Tanah Suci.

"Mari kita doakan semoga beliau diberi kesehatan dan selamat sampai tujuan," tambah akun itu.

Dalam waktu 1 jam, postingan itu sudah mendapat 2.629 like dan dibanjiri beragam komentar warganet. Tak sedikit warga yang simpati dan mengapresiasi aksi yang dilakukan pria ini.

"Pak tekad nguueeriiii garai iri, mugi dilindungi, perjalanane di ridhoi sang illahi (Pak Tekad ngeri 'luar biasa' membuat iri, semoga dilindungi, perjalanannya di ridhoi Sang Illahi)," tulis akun @viki.tau.

Baca juga:
Viral Spanduk Bertuliskan 'Awas Penipuan' Terpasang di Pasar Pekauman, Sidoarjo

Pak Tekad, warga Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro yang melakukan aksi mengayuh sepeda angin menuju MakkahPak Tekad, warga Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro yang melakukan aksi mengayuh sepeda angin menuju Makkah

Ada pula warganet yang mempertanyakan kondisi Tekad bila mendapati kendala selama menempuh perjalanan.

"Ning Thailand enek tukang tambal ban ga? Nek ban spedah e ngobos nambal no ne ning ndi, nek ngomong yo piye? (di Thailand ada tukang tambal ban tidak? Kalau ban sepedahnya bocor di tambal di mana, kalau ngomong bagaimana?)," tulis akun @evirhhh

Sementara saat dihubungi jatimnow.com melalui massenger, Tekad hanya menjawab singkat melalui kiriman video yang menyampaikan bahwa saat ini ia tengah melanjutkan perjalanan di Thailand untuk menuju Makkah. Dia juga bersalawat dan menyampaikan perjalanan yang ia tempuh semata-mata sebagai bentuk luapan kecintaannya kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca juga:
Viral Pencurian Dompet di Dasbor Motor, Pria Malang Ancam Pelaku

"Saat ini pukul 09.00 waktu Thailand, lanjut mengayuh, terus maju, membawa semangat dan cinta yang besar, cinta kepada junjungan yang mulia Nabi Agung Muhammad SAW," ungkap Tekad dalam video tersebut.

Ketika dikulik lebih lanjut terkait alasan, bekal dan kisah selama melakukan perjalanan, Tekad masih belum merangkumnya. Sebab terbentur waktu istirahat yang terbatas dan ingin segera sampai ke tujuan.

"Ya boleh bapak, tapi waktu saya terbatas tidak bisa ditarget. Adapun kalau luang mungkin kita bisa berbagi kisah ini," jawabnya singkat.