Pixel Code jatimnow.com

Galang Dana untuk Penderita Kanker, Pria Ini Lari Cemoro Sewu Magetan - Monas

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Mita Kusuma
Zainuddin akan lari dari Cemoro Sewu ke Monas.(Foto: Koco for jatimnow.com)
Zainuddin akan lari dari Cemoro Sewu ke Monas.(Foto: Koco for jatimnow.com)

Magetan - Zainuddin akan lari dari Pos Cemoro Sewu, Gunung Lawu, Kabupaten Magetan hingga Monas, Jakarta. Aksi pria 30 tahun asal Kota Surakarta itu untuk menggalang dana demi membantu penyintas kanker.

"Saya sempat menderita paru-paru kering, dan harus koma selama beberapa hari," ujar Zainudin saat ditemui di lokasi, Senin (1/8/2022).

Waktu itu, Zainuddin butuh berbulan-bulan untuk sembuh. Dia pun membayangkan bagaimana dengan penyakit kanker. Setelah sembuh, dia bertekat untuk membantu penyintas kanker.

Terkait dengan aksinya, Zainuddin memperkirakan butuh waktu sekitar 2 minggu untuk sampai Jakarta. Jarak tempuh yang akan dilaluinya sekitar 600 kilometer. Dia memilih berlari pada sore hingga pagi. Nanti di sela-selanya bakal istirahat.

"Targetnya 2 minggu, tapi situasional saja. Saya lebih memilih fokus untuk lari dan sampai di Monas. Pilihannya bisa istirahat di kantor polisi atau di pos polisi yang biasa ada di sepanjang jalan," jelas Zainuddin.

Baca juga:
Penyakit Degeneratif Ancam Generasi Muda, Iki Lho Rek Tips Mencegahnya

Jika nanti detak jantung sudah melebihi 150, dia akan lari pelan.

"Menyesuiakan saja hitungan untuk lari kencang atau jalan, " tambahnya.

Baca juga:
Alfamart Donasikan Uang Receh Konsumen ke Baznas Ponorogo

Dia bakal mendonasikan seluruh donasi kegiatan marathonnya untuk membantu anak-anak yang memiliki penyakit kanker. Para donatur bisa membantu para penderita kanker dengan berdonasi langsung atau dengan memesan kaus running to Monas yang diproduksi timnya.

"Kami sudah kerja sama dengan sejumlah organisasi untuk penanganan kanker. Semua hasil donasi akan kami serahkan kepada mereka," pungkasnya.