Pixel Code jatimnow.com

Pesilat Ponorogo Gondol Emas Kejuaraan Dunia, WA Orang Tua Sebelum Tanding

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Mita Kusuma
Aji Bangkit Pamungkas saat menjuarai Pencak silat dunia.(Bangkit for jatimnow.com)
Aji Bangkit Pamungkas saat menjuarai Pencak silat dunia.(Bangkit for jatimnow.com)

Ponorogo - Aji Bangkit Pamungkas kembali mengharumkan nama Indonesia. Atlet asal Kabupaten Ponorogo itu berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Pencak Silat Dunia ke-19. Even berlangsung di Melaka International Trade Centre, Malaysia, pada 25–31 Juli 2022.

Aji Bangkit turun di kelas Open 2 Putra. Pada partai final yang berlangsung Minggu (31/7/2022), atlet berusia 23 tahun itu menumbangkan wakil Thailand Mr Adthapong Saengtep.

"Alhamdulillah hirobbil alamin. Terima kasih banyak," ujar Bangkit.

jatimnow.com sempat berkunjung ke rumah Bangkit di Jalan Rumpuk, Ponorogo. Ayah Bangkit, Agus Widodo pun menyambutnya dengan hangat. Saat masuk ke rumah, tampak sejumlah foto Bangkit berjajar rapi di dinding. Ada pula puluhan piagam hingga piala yang juga berjajar rapi.

Baca juga:
Pengeroyokan Antar Pesilat Terjadi Lagi di Sidoarjo, Bawa Celurit hingga Samurai

"Obat kangen kami. Karena Bangkit setelah menang Asian Games 2018 menjadi PNS di Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga)," ujar Agus ketika berbincang, Senin (1/8/2022).

Menurut Agus, perjuangan putranya untuk bisa tampil di Kejuaraan Dunia tidak mudah. Saat itu berat badan Bangkit mencapai 107 kg. Dia harus menurunkan kurang lebih 17 kg untuk bisa bertanding di kelas 90 kg. Tetapi saat di Malaysia, kelas yang dibidik sudah penuh. Hanya tersisa kelas Open 2 Putra. Dengan syarat minimal memliki berat badan 110 kg.

Baca juga:
Pesilat asal Ponorogo Jawara Internasional, Ini Target Selanjutnya

Setiap pertandingan, Bangkit selalu pamit kepada orang tua melalui WhatsApp. Selebihnya, orang tua hanya bisa berdoa. Agus hanya meminta yang terbaik bagi Bangkit.

"Hasil dari silat luar biasa. Bisa dapat rumah. Alhamdulillah banget," pungkasnya.