Pixel Code jatimnow.com

HUT ke-77 RI, Warga Sidokumpul Gresik Hiasi Rumah dengan Damar Kurung

Editor : Arina Pramudita Reporter : Sahlul Fahmi
Warga Sidokumpul, Gresik menyiapkan damar kurung di rumahnya untuk memeriahkan HUT RI. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Warga Sidokumpul, Gresik menyiapkan damar kurung di rumahnya untuk memeriahkan HUT RI. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

Gresik - Warga Kelurahan Sidokumpul, Gresik punya cara unik untuk memperingati HUT ke-77 RI. Di kelurahan yang terletak di wilayah Gresik Kota itu, dicanangkan program Satu Rumah Satu Damar Kurung (SRSD).

Gagasan ini datang dari kelompok seniman dan budayawan Gresik, dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Serta memberikan penghormatan pada almarhumah Masmundari, seorang pelukis damar kurung asal Gresik.

Pegiat sejarah dan kebudayaan Gresik, Kris Adji AW mengatakan, gerakan SRSD ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa bangga generasi muda akan karya budaya leluhurnya.

“Dari gerakan ini kami harap generasi muda lebih bersemangat dalam melestarikan karya seni dan kebudayaan khas Gresik. Dan damar kurung ini telah menjadi salah satu ikon Kabupaten Gresik,” kata Kris Adji, Rabu (3/8/2022).

Baca juga:
Berikut Rangkaian Kegiatan Perayaan HUT ke-77 RI Selama Sebulan

Kris melanjutkan jika gerakan SRSD ini juga menjadi wadah berekspresi bagi generasi muda dalam menuangkan ide dan gagasan kreatifnya melalui damar kurung.

"Jika anak muda sudah memiliki kepedulian kepada damar kurung maka damar kurung bisa lestari,” tuturnya.

Baca juga:
Pemkot Surabaya Siapkan 13.884 Bendera Merah Putih Gratis untuk Warga

Sementara Syaiful Arif, salah satu warga Sidokumpul menambahkan, dirinya dan mayoritas warga kampungnya menyambut antusias pelaksanaan program SRSD.

"Program SRSD adalah cara kami untuk memberikan penghormatan kepada Masmundari," ujar Syaiful.